Dianggap Tidak Saring Konten Negatif, Alasan China Depak WhatsApp

Jum'at, 29 September 2017 - 12:07 WIB
Dianggap Tidak Saring Konten Negatif, Alasan China Depak WhatsApp
Dianggap Tidak Saring Konten Negatif, Alasan China Depak WhatsApp
A A A
Pemerintah China belum lama ini memutuskan untuk memblokir WhatsAp dari negaranya. Apa yang dilakukan pemerintah China tersebut tentu saja bukan tanpa sebab.

Setidaknya ada beberapa pertimbangan yang membuat layanan berbalas pesan milik Facebook ini harus angkat kaki dari negeri tirai bambu. Menurut Cyberspace Administration of China, WhatsApp seharusnya bisa bertindak untuk menghentikan penyebaran informasi ilegal karena itu mencari perhatian lebih besar melalui internet menjelang tahun kelima kongres Communist Party.

"WhatsApp sebenarnya bisa mengambil tindakan proaktif untuk mencegat informasi berkaitan dengan kekerasan dan teror. Kedaulatan dunia maya negara harus dilundungi," ungkapnya dikutip dari Bloomberg, Jumat (29/9/2017).

Ditegaskan, internet China sebenarnya terbuka sepenuhnya dan menyambut perusahaan internet dari berbagai negara. Tapi dengan catatan dapat menghadirkan informasi yang bagus.

Sementara itu, Nadim Kobeissi, seorang kriptografer di firma keamanan online berbasis di Paris, Symbolic Software mengungkapkan, Beijing telah menggunakan teknologi pengintaian mutakhir untuk mengganggu layanan pesan sebagai bagian dari tindakan keras online jangka panjang.

Pemerintah China sendiri telah menampar denda pada perusahaan media dan teknologi karena gagal menyaring konten, menutup situs gosip selebriti.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8023 seconds (0.1#10.140)