Telkom Belum Bisa Beberkan Penyebab Pergeseran Satelit

Rabu, 30 Agustus 2017 - 14:54 WIB
Telkom Belum Bisa Beberkan Penyebab Pergeseran Satelit
Telkom Belum Bisa Beberkan Penyebab Pergeseran Satelit
A A A
JAKARTA - Seperti telah diketahui pada, Jumat (25/08), terjadi anomali pada satelit Telkom 1. Hal ini berdampak pada pergeseran pointing antena satelit Telkom 1 dan akibatnya sejulah layanan perbankan ikut terganggu.

Menanggapi hal ini, Alex J Sinaga selaku Direktur Telekomunikasi Indonesia mengaku belum dapat memberikan informasi terkait permasalahan yang terjadi.

"Kita sebenarnya punya satelit pengendali. Jadi kita juga kerja sama dengan pabrik pembuat. Sejauh ini masih kita dalami," ujar Alex saat temu media, di gedung Kemenkominfo, Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Lebih lanjut, Alex menjelaskan, sekarang Telkom masih evakuasi. Jadi butuh yang memang benar ahli untuk mencari tau penyebabnya baik dari Telkom maupun Expert.

"Jadi saya tegaskan untuk saat ini kita masih belum tau penyebabnya," terangnya.

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengaku telah melakukan pengecekan terhadap permasalahan yang terjadi pada satelit Telkom 1. Diduga Masalah baterai menjadi salah satu penyebab pegeseran satelit milik Telkom tersebut.

"Penyebabnya, kalau saya cek mungkin baterainya tidak berfungsi, viewnya sudah habis. Kalau secara teknis bagi saya, satelit itu tidak bisa dipakai lagi. Harus diorbit lagi," tukas pria yang akrab disapa Chief RA ini.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9343 seconds (0.1#10.140)