iPhone 6s Ternyata Bisa Dirakit Sendiri

Jum'at, 14 April 2017 - 13:06 WIB
iPhone 6s Ternyata Bisa Dirakit Sendiri
iPhone 6s Ternyata Bisa Dirakit Sendiri
A A A
SHENZHEN - Merakit sebuah smartphone tentu saja bukan sebuah hal yang mustahil. Pasalnya ada beberapa pemasok yang menjual komponen secara bebas.

Tertarik dengan pasar komponen smartphone di Shenzhen, Tiongkok, seorang pria bernama Scotty Allen merakit sebuah iPhone 6s mengunggah cara merakitnya dalam Strange Parts. Dimana dirinya merekam seluruh kegiatan perakitan mulai dari membeli komponen hingga berwujud iPhone 6s.

"Saya berjalan melewati mereka beberapa kali, tetapi saya masih belum mengerti bagaimana pasar ini begitu terorganisir, dan darimana mereka mendapatkan semua komponen ini," ujar Allen, dilansir dari Ubergizmo, Jumat (14/4/2017).

Allen pun mendapat informasi dari sebagian penjual komponen bahwa ia bisa membuat smartphone sendiri dengan komponen-komponen yang ada di pasar tersebut.

"Saya langsung sepakat untuk membuat sebuah smartphone dan mencari tahu, bagaimana semuanya bekerja di dalam ekosistem ini," tandasnya.

Selanjutnya, Allen mulai menyambangi beberapa toko untuk mencari komponen yang dia butuhkan. Setelah semua yang diperlukan terkumpul baru dirinya mulai melakukan pengerjaan.

Untuk melakukan semua itu, Allen merogoh kocek hingga US$ 1.000 atau sekitar Rp 13,2. Namun rupanya, ia membeli banyak komponen yang tak dibutuhkan. Jika dijual kembali, menurut Allen, ia akan mendapatkan kembali US$ 300 (Rp 4 jutaan).

Setelah berhasil merakit sebuah iPhone 6s, ia menilai perakitan smartphone lebih hemat dibandingkan dengan membeli iPhone secara resmi.
https://www.youtube.com/embed/leFuF-zoVzA" frameborder="0" allowfullscreen>
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2022 seconds (0.1#10.140)