Foto Profil Medsos Ternyata Menggambarkan Karakteristik Penggunanya

Jum'at, 14 April 2017 - 10:03 WIB
Foto Profil Medsos Ternyata...
Foto Profil Medsos Ternyata Menggambarkan Karakteristik Penggunanya
A A A
LONDON - Foto profil pada media sosial (medsos) tentunyta menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan. Bagaimana tidak, dengan adanya foto profil pengguna lain jadi dapat mengetahui siapa pemilik akun tersebut.

Uniknya, foto profil pada medsos dikatakan dapat menggambarkan kepribadian sang pemilik. Hal ini terungkap dari studi yang dilakukan tim peneliti Penn State’s College of Information Sciences and Techonlogy dan King’s College London.

Dikatakan setiap medsos memiliki karakteristik foto profil yang berbeda. Contohnya, pengguna Instagram cenderung lebih suka memasang foto profil yang berwarna dan close up.

"Berbeda dengan Instagram, pengguna Pengguna LinkedIn justru lebih suka memasang foto profil profesional. Biasanya, mereka memasang foto profil yang resmi," ujar Dongwon Lee, Kepala Penelitian dari Penn State’," dilansir dari Mirror, Jumat (14/4/2017).

Sementara pada Facebook, foto yang ditampilkan cenderung lebih mirip dengan pengguna pada Instagram.

"Dengan foto profil, orang lain bisa menilai karakteristik kita secara akurat, kira-kira hingga 80 persen," tambahnya.

Melalui penelitian ini pun diungkapkan, pengguna medsos wanita memiliki kencenderungan memasang foto profil berbeda jika ditilik berdasarkan usia.

"Pengguna wanita kebanyakan lebih suka memasang kacamata di foto profilnya, sedangkan pengguna wanita di bawah usia 25 tahun suka berpose dengan senyum yang nanggung," terang Lee.

Studi dilakukan dengan melakukan riset ke 100.000 profil media sosial. Lee mengklaim, riset yang tim nya lakukan dapat membantu studi analisis terkait perilaku pengguna medsos dari foto profil.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7414 seconds (0.1#10.140)