XL Dorong Masyarakat Desa Manfaatkan Teknologi

Rabu, 23 November 2016 - 18:06 WIB
XL Dorong Masyarakat Desa Manfaatkan Teknologi
XL Dorong Masyarakat Desa Manfaatkan Teknologi
A A A
SUBANG - Penyedia jaringan telekomunikasi, XL mendorong masyarakat di desa memanfaatkan teknologi dalam beraktivitas sehari-hari. Termasuk mendongkrak potensi perekonomian di pedesaan.

Chief Digital Service XL Joseph Lumban Gaol mengemukakan, teknologi tidak hanya dipandang sebagai kebutuhan masyarakat kota saja. Masyarakat pedesaan pun dipandang sudah siap untuk mengadopsi teknologi-teknologi baru.

Pada pelaksanaannya, XL mengembangkan potensi ekonomi desa melalui program Xmart Village dengan membina warga desa memanfaatkan teknologi seperti digitalisasi taman bacaan, standarisasi smart toilet, geo mapping, peningkatan standar administrasi pedesaan, penyediaan website dan layanan digital lainnya.

Di tahun ketiganya, Xmart Village diimplementasikan di Desa Cibeusi Kecamatan Ciater Kabupaten Subang dan Desa Batu Loceng Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Selama sekitar satu tahun warga diberi pelatihan sekaligus pendampingan dalam mendongkrak potensi ekonomi di wilayahnya.

"Khusus untuk digitalisasi taman bacaan, 320 anak di desa sasaran dapat menikmati buku-buku dalam format digital. Bahkan koleksinya terus bertambah secara digital. Taman bacaan ini menjadi taman bacaan digital pertama di Indonesia," tuturnya di Desa Cibeusi Kecamatan Ciater Kabupaten Subang, Rabu (23/11).

Selain itu, ada juga standarisasi smart toilet dari sudut pandang wanita yang memberikan parameter kelayakan berdasarkan ukuran, sirkulasi udara, pencahayaan, tingkat privasi, dan beberapa parameter lain berdasarkan kebutuhan wanita.

"Kami harap standarisasi ini dapat menjadi acuan baru penyediaan sanitasi di desa-desa lainnya," ujar dia.

Dalam pengembangan pariwisata, Xmart Village melengkapi alat bantu promosi berupa website yang berisi beragam info mengenai desa. Selain itu ada juga geomapping wilayah desa sebagai panduan lokasi wisata, video 360 yang menyajikan pengalaman berkeliling desa, hingga sms blast ke wilayah potensial.

"Kami juga mengadakan pelatihan digital bagi anak-anak sekolah dan ibu-ibu wirausaha untuk membudayak internet sehat dan mengenalkan dunia e-commerse," tandasnya. fauzan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8317 seconds (0.1#10.140)