Pemkot Launching Aplikasi Explore Pekalongan

Rabu, 05 Oktober 2016 - 23:03 WIB
Pemkot Launching Aplikasi Explore Pekalongan
Pemkot Launching Aplikasi Explore Pekalongan
A A A
PEKALONGAN - Pemkot Pekalongan melaunching aplikasi Explore Pekalongan di Hotel Dafam Kota Pekalongan, Rabu (5/10) siang. Pemkot setempat bekerjasama dengan PT XL Axiata dalam pembuatan aplikasi wisata itu.

Branch Manager XL Axiata, Jay, mengatakan, aplikasi tersebut merupakan bentuk kerjasama pihaknya dengan Pemkot Pekalongan. Aplikasi tersebut berfungsi untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang Kota Pekalongan.

"Tujuannya untuk memberikan informasi terkait Kota Pekalongan, melalui aplikasi berbasis android. Sebab masyarakat saat ini sudah banyak yang menggunakan android, jadi tepat kalau kami berikan aplikasi ini," katanya.

Dijelaskan, sejumlah informasi yang masuk dalam aplikasi tersebut antara lain yakni kuliner, pusat perbelanjaan batik dan pengusaha batik. Selain itu, juga informasi sejumlah objek wisata yang ada di Kota Pekalongan

"Intinya aplikasi ini untuk membantu Kota Pekalongan lebih terkenal lagi sebagai kota kreatif," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan menggunakan aplikasi tersebut, masyarakat bisa mengetahui pusat-pusat kuliner atau tempat belanja batik yang ada di Kota Pekalongan. Nantinya, masyarakat yang membuka aplikasi tersebut tinggal mengikuti petunjuk dari aplikasi tersebut, untuk menuju lokasi yang diinginkan.

"Aplikasi tersebut sudah bisa didownload melalui play store yang ada di masing-masing HP android yang dimiliki masyarakat," terangnya.

Walikota Pekalongan, Alf Arslan Djunaid, berharap, kerjasama tersebut bisa lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pekalongan. Sebab, dengan aplikasi tersebut bisa membantu mempromosikan Kota Pekalongan.

"Dengan aplikasi ini bisa lebih mengenalkan berbagai produk Kota Pekalongan kepada dunia luar, baik bidang batik, kuliner maupun pariwisata," harapnya.

Selain itu, lanjut dia, juga sebagai edukasi para perajin dan pedagang batik, untuk bisa lebih mudah pemasaran hasil produksinya. Pemasaran itu bisa dilakukan melalui internet.

"Melalui internet, penjualan produk batik atau kerajinan lainnya bisa lebih efektif dan murah," tambahnya.

Sementara itu Kepala Diskominfo Kota Pekalongan, Sri Budi Santosa, mengatakan, aplikasi android Explore Pekalongan tersebut untuk menyebarluaskan potensi yang dimiliki oleh Kota Pekalongan. Salah satu potensi produk unggulan Kota Pekalongan yakni batik.

"Oleh sebab itu kami launcing bersamaan dengan PBN kali ini," katanya.

Diakuinya, peluncuran aplikasi tersebut dikebut lebih dahulu. Sehingga kontennya masih perlu penambahan.

"Namun kontennya sudah berisi hal-hal yang umum, seperti kuliner, batik, hotel. Ini masih versi satu, jadi masih perlu dilengkapi konten-kontennya. Jadi PRnya setelah ini kami bersama SKPD lainnya untuk melengkapi konten dan viturnya," terangnya
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8306 seconds (0.1#10.140)