Simon Wheatcroft Gandeng IBM Ciptakan Aplikasi Tunanetra

Senin, 15 Agustus 2016 - 13:14 WIB
Simon Wheatcroft Gandeng IBM Ciptakan Aplikasi Tunanetra
Simon Wheatcroft Gandeng IBM Ciptakan Aplikasi Tunanetra
A A A
LONDON - Keterbatasan fisik tidak membuat atlet lari maraton tunanetra asal Inggris Simon Wheatcroft gentar dalam menghadapi Sahara Race Oktober 2016. Ia justru berkolaborasi dengan perusahaan teknologi IBM dalam menciptakan aplikasi smartphone yang membantunya berlomba di tengah padang tandus.

Seperti dilansir, Developer.ibm, Senin (15/8/2016), IBM Research dan Carnegie Mellon University (CMU) di Pittsburgh, AS belum lama ini telah mengumumkan Aplikasi yang dirancang khusus bagi penyandang tunanetra ini bisa melakukan navigasi secara lebih baik di lingkungan yang mereka lalui.

Aplikasi tunanetra di smartphone yang disebut NavCog. Ini adalah aplikasi yang mengkombinasikan beragam sensor dan teknologi kognitif yang ada di smartphone untuk menghasilkan informasi bagi tunanetra di dalam area kampus CMU.

Cara kerjanya aplikasi tunanetra di smartphone adalah akan ‘membisikan’ ke telinga pengguna tentang kondisi lingkungan. Sebagai medianya adalah speaker mini, atau bisa juga dihantarkan lewat getaran pada smartphone.

Secara prinsip teknologi, aplikasi tunanetra di smartphone ini menganalisa sinyal yang berasal dari Bluetooth beacon yang dipasang di sepanjang trotoar. Selanjutnya sensor dari smartphone akan merespon setiap beacon yang dilewati oleh tunanetra.

Dengan solusi ini, tunanetra dapat melakukan navigasi di jalan atau di dalam gedung tanpa harus dibantu orang lain, ilmuwan juga sedang melanjutkan kemampuan tambahan NavCog yang nantinya dapat mendeteksi suasana hati penderita tunanetra. Untuk saat ini, NavCog sudah tersedia secara online dan segera dapat diunduh secara gratis di App Store.

Aplikasi ini dapat membantu para tunanetra mengidentifikasi informasi secara real time dimana mereka berada, ke arah mana mereka menghadap dan informasi lain di sekitarnya. Jika dilihat dari visualisasi pada layar komputer, navigasi NavCog pada smartphone seolah menjadi model suasana lingkungan pada pola 3D (dimensi)
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7431 seconds (0.1#10.140)