Facebook Akan Lakukan Perubahan Algoritma Demi Pengguna

Senin, 08 Agustus 2016 - 11:50 WIB
Facebook Akan Lakukan...
Facebook Akan Lakukan Perubahan Algoritma Demi Pengguna
A A A
CAMBRIDGE - Facebook pernah mengupayakan untuk meminimalisir keberadaan clickbait (konten online dengan judul menarik agar pengguna mengklik) pada tampilan berandanya. Namun, pada kenyataannya hal ini masih saja tetap ada dan mengundang protes dari pengguna.

Menanggapi masalah tersebut, perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini rencananya akan mengubah algoritma yang digunakan untuk memilih konten yang muncul pada beranda pengguna.

"Jika Anda adalah seorang publisher dan terbiasa mengunggah 50 konten per hari dimana 48 di antaranya adalah clickbait, Anda akan melihat penurunan yang signifikan," ujar Vice President of Product Management for News Feed, Adam Mosseri, dikutip dari The Verge, Senin (8/8/2016).

Perusahaan memulai perubahan ini dengan membiarkan para pekerjanya menganalisa "puluhan ribu" judul yang ada untuk mengidentifikasi elemen pada konten clickbait. Mereka menemukan ada 2 karakteristik pada judul yang dianggap sebagai clickbait.

Pertama, judul yang membuat orang penasaran seperti "Anda tidak akan percaya orang ini terpeleset dan jatuh di karpet merah." Kategori kedua adalah judul yang menipu seperti "Apel itu tidak baik untuk tubuh" meski di dalam artikel, tertulis apel menjadi berdampak buruk jika seseorang memakan beberapa apel dalam satu hari.

Dengan perubahan algoritma yang akan dilakukan, maka publisher harus membuat judul yang penuh informasi jika mereka ingin kontennya tampil di beranda Facebook.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)