Amankan Piala Eropa 2016, Prancis Luncurkan Aplikasi Anti-Teror

Rabu, 08 Juni 2016 - 21:45 WIB
Amankan Piala Eropa 2016, Prancis Luncurkan Aplikasi Anti-Teror
Amankan Piala Eropa 2016, Prancis Luncurkan Aplikasi Anti-Teror
A A A
PARIS - Tingkat keamanan yang semakin dipertanyakan peserta, membuat Prancis melakukan segala cara untuk mengamankan gelaran Piala Eropa 2016. Dua hari menjelang kick-off, mereka meluncurkan aplikasi anti-teror untuk membantu penanggulangan masalah teroris lewat Teknologio.

Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (8/6/2016), aplikasi Kementerian Dalam Negeri Prancis yang disebut SAIP ini bisa diunduh di smartphone masyarakat yang berada di Prancis. Aplikasi tersebut bakal menginformasikan masalah keamanan yang sedang menjadi perhatian.

Cara kerja SAIP cukup sederhana. Layar ponsel akan berkedip jika ada serangan teror atau diduga akan terjadi serangan dekat lokasi pengguna. Selain itu, SAIP juga bisa memberi petunjuk informasi daerah yang aman untuk penggunannya.

Aplikasi tersebut mendapat sambutan beragam dari masyarakat. Ada yang pesimis SAIP bisa maksimal menanggulangi teror, ada pula yang mendukung langkah tersebut.

"Hal yang bisa membuat lebih baik? Pembuatan #SAIP membuat Anda berpikir setidaknya dalam hal keamanan, itu (teror) tidak benar-benar terjadi," kicau salah satu pengguna Twitter, mengacu kalimat Presiden Francois Hollande, yang ingin membuat hidup di Prancis jadi lebih baik.

"Tidak cukup meyakinkan, tapi cukup berguna," timpal pengguna lainnya.

Sebelumnya, Inggris sudah memberi travel warning kepada masyarakatnya yang ingin pergi ke Prancis. Mereka diimbau waspada saat datang ke Stadion, Zona Penggemar, dan sarana transportasi yang sudah diperingatkan intelijen Prancis dan Amerika Serikat sebagai zona merah.

Baca Juga: Jelang Kick-Off Piala Eropa 2016, Kondisi Prancis Makin Mencekam
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0689 seconds (0.1#10.140)
pixels