XL Jamin Layanan Komunikasi dan Data Selama Ramadan dan Idul Fitri

Kamis, 12 Mei 2016 - 11:11 WIB
XL Jamin Layanan Komunikasi dan Data Selama Ramadan dan Idul Fitri
XL Jamin Layanan Komunikasi dan Data Selama Ramadan dan Idul Fitri
A A A
YOGYAKARTA - Ramadan dan Idul Fitri merupakan ajang untuk silaturahmi dan semakin mendekatkan diri dengan sahabat dan kerabat. Hal ini akan meningkatkan traffic komunikasi. Untuk itu, PT XL Axiata menjamin tidak ada gangguan lalu lintas komunikasi dan data bagi 1,4 juta pelanggan di DI Yogyakarta.

Vice President Service Management PT Xl Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, Yogyakarta penyumbang nomor enam di Indonesia terkait traffic baik data ataupun komunikasi. Saat ini, tingkat traffic data ataupun komunikasi yaitu melalui suara dan juga sms sekitar 28 tita bite (TB). Saat ini, sudah 95 % penduduk Yogyakarta sudah dilayani oleh Xl dengan 615 BTS dimana 215 di antaranya sudah menggunakan 4G LTE dan sisanya 400 BTS juga 3G.

"Trafik selama lebaran nanti naik 10-15 % untuk komunikasi tetapi data bisa melonjak 30%," paparnya saat update kesiapan jaringan jelang Idul Fitri di Yogyakarta, Rabu (11/5/2016).

Untuk coverage 4G sejak diluncurkan akhir tahun lalu terus mengalami kenaikan. Saat ini sudah semua wilayah Kota Yogyakarta sudah ter-coverage layanan 4G. Sementara di seputaran kota Yogyakarta seperti Kotagede, Mlati, Sewon, Depok Sleman dan Gamplong sudah terlayani 4G. Tentunya, layanan 4G akan terus bertambah seiring dengan komitmen Xl untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Berdasarkan data yang ada, saat ini pengguna Xl paling banyak adalah 33% untuk streaming, 24% untuk browsing, 21% sosial media, 2,5% untuk instant messaging dan lainnya sebanyak 19,5%.

XL mencatat, ketika Idul Fitri nanti di jalur tengah arus mudik terutama di Jawa Tengah terjadi lonjakan cukup tinggi. Di Kota Purworejo tahun lalu terjadi lonjakan traffic sekitar 66%, Kebumen mencapai 58% dan Purwokerto sekitar 56%. Sementara di Jawa Timur kenaikan tertinggi berada di Kota Blitar mencapai 51%, Mojokerto naik 47% dan bangkalan 34% selama lebaran. Pihaknya juga mencatat kenaikan di Sumatera dan Kalimantan. "Kami juga menyiapkan mobile BTS yang siap mendukung lonjakan traffic,” paparnya.

Chief Service Management Officer XL, Yessie Yosetiya mengungkapkan, menjelang lebaran ini pihaknya melakukan persiapan dari sisi infrastruktur ataupun inovasi layanan. Secara insfrastruktur pihaknya tidak hanya berinvestasi tidak hanya radio tetapi juga dari sisi transmisi. Total lebih dari 4.000 kilometer yang digelar layanan serta modernisasi transmisi.

"Dari coverage sudah ada 3.000 kecamatan dan 93-95% total populasi Indonesia sudah terlayani," ujarnya.

Tahun ini jumlah BTS sudah mencapai 67.000 buah dan 8.500 di antaranya sudah 4G. Jumlah tersebut jauh meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 52.012 BTS. Secara total traffic voice dan sms sudah jauh berkurang karena trennya memang mengalami penurunan. Tahun lalu trafik panggilan mencapai 227 juta menit dan lebaran ini diperkirakan akan meningkat menjadi 136 juta menit.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6722 seconds (0.1#10.140)