Ancaman bagi Twitter, Facebook Luncurkan Fitur Live Streaming

Kamis, 07 April 2016 - 20:01 WIB
Ancaman bagi Twitter, Facebook Luncurkan Fitur Live Streaming
Ancaman bagi Twitter, Facebook Luncurkan Fitur Live Streaming
A A A
JAKARTA - Media sosial Facebook meluncurkan fitur terbaru video live streaming pada timelines mereka untuk 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia. Fitur bernama Facebook Live ini mendorong semua orang menjadi penyiar.

Dilansir dari Boston Herald, Kamis (7/4/2016), Facebook Live memungkinkan pengguna melakukan streaming video real-time di grup dan acara. Pengguna dapat berbagi momen bahagia bersama keluarga atau misal latihan dengan kelompok kebugaran mereka.

Menurut Facebook, melalui fitur ini pengguna dapat ikut merayakan pesta ulang tahun meskipun tidak bisa bergabung secara langsung di tempat yang sama.

Tidak hanya siaran, pemirsa juga dapat memberikan reaksi secara live dengan mengklik, seperti Love, Haha, Wow, sad or Angry, memberi komentar perasaan selama siaran berlangsung.

"Ini seperti Anda mendengar tepuk tangan penonton dan bersorak," tulis Direktur Manajemen Produk Jaringan Sosial, Fidji Simo dalam blog perusahaan.

Facebook Live menjadi masalah besar bagi Twitter, yang dibeli saingan Periscope dalam upaya mengukir ceruk baru di layanan video pada tahun lalu.

Melalui Facebook Live memungkinkan siapa pun menyiarkan secara langsung kegiatan mereka melalui smartphone dan bantuan sinyal Wi-Fi. Hal ini memberikan saluran jurnalisme warga yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Facebook disebutkan berencana membayar penerbit berita dalam pertukaran untuk menyiarkan secara live di media sosial, bukan hanya di website mereka sendiri.

Facebook Live juga memberikan kesempatan kepada pemimpin bisnis dan politik, serta selebriti tampil secara langsung. Di mana Facebook memiliki aplikasi mobile khusus bernama "Mention" yang hanya selebriti dan tokoh masyarakat dengan profil sah dapat menggunakannya.

Namun, banyaknya pengguna fitur live streaming akan menimbulkan banyak masalah lokal, politik dan berita besar seluruh dunia karena tanpa ada filter di Facebook.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4663 seconds (0.1#10.140)