XL Perkuat Layanan Pasca Bayar

Jum'at, 29 Januari 2016 - 21:45 WIB
XL Perkuat Layanan Pasca Bayar
XL Perkuat Layanan Pasca Bayar
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk menargetkan memperkuat pelanggan pasca bayar hingga satu juta orang dalam setahun ke depan. Perseroan siap mengandalkan layanan terbarunya, yaitu XL Prioritas yang telah diluncurkan di awal 2016.

VP Brand Management XL Axiata Indonesia, Riza Rachmansyah mengatakan, pihaknya optimistis layanan ini akan disukai pelanggan dan mengkonversi dari pelanggan prabayar menjadi pasca bayar. Setidaknya hingga akhir tahun ini perseroan akan dapat menjaring satu juta pelanggan baru yang bertumpu pada pelanggan eksistingnya. Data perseroan untuk average revenue per user (ARPU) dari pasca bayar mencapai sebesar Rp150 ribu hingga Rp185 ribu. Sedangkan ARPU untuk layanan prabayar mencapai Rp30 ribu hingga Rp35 ribu.

“Kami masih memasarkan dari XL Center. Namun kedepannya kami juga akan menyasar dengan menggunakan jaringan modern retail dan corporate yang sesuai segmen produk ini,” ujar Riza, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

XL Axiata memperkenalkan sebuah paket pasca bayar baru yaitu XL Prioritas. Layanan pasca bayar sebenarnya sudah mulai digunakan sejak tanggal 15 Januari lalu. Riza menjelaskan, salah satu alasan mengapa masyarakat enggan untuk menggunakan layanan pasca bayar adalah karena adanya rasa takut penggunaan yang mereka lakukan menjadi tidak terkendali. Sehingga kerap menyebabkan tagihan yang membengkak. "Kami sudah evaluasi dan perbaiki dari keluhan pelanggan. Dengan menggunakan layanan ini, pelanggan dapat mengontrol pemakaian mereka. Jika Anda membeli paket, maka tagihan yang Anda dapat tidak lebih dari itu," katanya.

Selain itu, dia menjelaskan, XL juga sedang mengembangkan sebuah aplikasi khusus untuk pengguna XL Prioritas. Melalui aplikasi ini, pelanggan XL Prioritas akan dapat mengatur kegiatan mereka, mulai dari membeli paket sampai memeriksa dan membayar tagihan.

Sayangnya, Riza tidak menyebutkan kapan tepatnya XL akan dapat meluncurkan aplikasi untuk XL Prioritas ini. Ke depan, XL juga berencana untuk memberikan layanan khusus lainnya. “Ini secara bertahap akan kami perkuat secara konten. Salah satunya ialah aplikasi yang disukai pelanggan,” ujarnya.

XL juga menawarkan bonus telepon dan SMS ke semua operator pada para pengguna XL prioritas. Besarnya bonus yang didapat akan disesuaikan dengan paket yang digunakan oleh pelanggan. Perseroan menawarkan empat paket pilihan untuk layanan pasca bayar terbaru mereka ini, yaitu Prio S yang menawarkan data 2GB dengan harga Rp100 ribu, paket Prio M dengan data 6GB yang dihargai Rp150 ribu, Prio L yang memiliki data 12GB dengan harga Rp250 ribu dan Prio XL yang dihargai Rp350 ribu dan memberikan data sebanyak 25GB.

Mengingat sekarang ini penggunaan internet terus meningkat, XL menyediakan paket Prio Data yang menawarkan paket data mulai dari 2GB dengan harga Rp75 ribu hingga paket data 100GB dengan harga Rp1 juta. Untuk menjadi pelanggan XL prioritas, pengguna harus menyediakan KTP dan kartu kredit.

"Proses administrasi akan sangat simpel karena menyesuaikan dengan karakter pelanggan.Seperti namanya, layanan ini akan memberikan prioritas pada orang-orang yang ingin mendapatkan perlakuan khusus," kata Riza.

Sementara Presiden Direktur dan CEO XL Dian Siswarini mengatakan melalui XL Prioritas tersebut pihaknya berupaya memberikan prioritas kepada pelanggan. Selain itu, membebaskan dalam mengontrol pemakaian dan juga bebas dari rasa khawatir dalam berkomunikasi.

”Kami ingin menunjukkan kepada pelanggan bahwa XL memiliki layanan pasca bayar yang memberikan prioritas dan membebaskan dalam mengontrol pemakaian dan juga bebas dari rasa khawatir dalam berkomunikasi Kami juga hendak menunjukkan bahwa layanan pascabayar pun bisa dibuat simpel dan justru banyak manfaatnya," tandas Dian.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9856 seconds (0.1#10.140)