Apple Berencana Akuisisi BlackBerry

Jum'at, 15 Mei 2015 - 20:19 WIB
Apple Berencana Akuisisi BlackBerry
Apple Berencana Akuisisi BlackBerry
A A A
CUPERTINO - Rumor berkembang akhir-akhir ini, raksasa Apple tertarik membeli (akuisisi) BlackBerry, yang menyebabkan harga saham perusahaan asal Kanada itu melonjak. Bukan hal baru, jika mendengar kondisi BlackBerry yang tengah memiliki masa sulit di pasar smartphone.

Dikutip dari Theinquirer, Jumat (15/5/2015), beredar laporan terbaru yang menunjukkan pangsa pasar enterprise di seluruh dunia saat ini menyusut. Semua perusahaan tengah berusaha menjaga kestabilannya masing-masing.

Apple tampaknya mulai mengambil langkah penyelamatan, dengan kondisi saat ini menyumbang sebesar 72% dari aktivasi perangkat. Sebuah laporan di Yahoo Finance mengatakan, bahwa Apple menyadari hal ini kemudian merencanakan mengambil BlackBerry sebelum runtuh.

Keputusan tersebut sebagai upaya memperketat cengkeramannya di pasar enterprise. Hal ini memang masih berupa rumor belaka yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

Kabarnya, Apple ingin mendominasi pasar enterprise, seperti terbukti dengan mengikat IBM. Dan jika mengamati portofolio BlackBerry dengan 44.000 paten, maka perusahaan bisa mempimpin ketika datang ke perangkat lunak dan keamanan enterprise.

Hingga berita diturunkan, belum ada komentar resmi dari pihak Apple maupun BlackBerry, terkait kabar kesepakatan ini. Namun, perlu dicatat bahwa Apple bukanlah perusahaan teknologi dengan nama besar pertama yang dikaitkan dengan potensi pembelian BlackBerry.

Spekulasi online awal tahun ini mengklaim bahwa Samsung sedang merencanakan mengakuisisi perusahaan, rumor tersebut mendongkrak naiknya nilai saham BlackBerry hingga 30%. Intel, Google dan Lenovo juga sebelumnya dinobatkan sebagai pembeli potensial.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6916 seconds (0.1#10.140)