Belanda dan Norwegia Bangun Pembangkit Surya Terapung Terbesar di Dunia

Kamis, 12 Januari 2023 - 07:31 WIB
loading...
Belanda dan Norwegia Bangun Pembangkit Surya Terapung Terbesar di Dunia
Belanda dan Norwegia bangun pembangkit tenaga surya terapung lepas pantai terbesar di dunia, dengan kapasitas untuk memasok listrik ke ratusan rumah. foto/ ist
A A A
AMSTERDAM - Perusahaan Belanda-Norwegia SolarDuck bekerja sama dengan perusahaan energi Jerman RWE umembangun pembangkit listrik tenaga surya terapung.



Seperti dilansir dari Reuters, ini akan menjadi pembangkit tenaga surya terapung lepas pantai terbesar di dunia, dengan kapasitas untuk memasok listrik ke ratusan rumah.

Perusahaan menginformasikan bahwa panel surya akan dibangun di atas platform yang ditinggikan beberapa meter di atas permukaan laut.

Menurut perseroan, pembangkit listrik tenaga surya terapung tersebut diharapkan dapat beroperasi pada 2026.

Menurut perusahaan, pembangkit tersebut akan menggunakan kabel yang ada untuk ladang angin untuk mengalirkan kembali listrik ke pantai.

Sementara itu, Chief Executive Ocean Sun, Borge Bjorneklett, mengatakan perusahaannya membangun platform terapung tempat panel surya bertumpu pada alas yang lentur saat gelombang melintas di bawahnya.

“Ini memiliki efek yang efektif dalam mengurangi dampak gelombang kuat dan mencegah pecahnya gelombang. Karena panel surya benar-benar datar, gaya yang bekerja padanya berkurang,''

"Bahkan dekat dengan air laut juga mendinginkan sel sehingga meningkatkan kinerjanya," katanya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)