Perangkat Ini Bisa Bikin Handphone Jadi Teleskop Supercanggih

Selasa, 10 Januari 2023 - 08:00 WIB
loading...
Perangkat Ini Bisa Bikin Handphone Jadi Teleskop Supercanggih
Unistellar eQuinox 2 dijual di harga Rp38.7 juta dan melayani pengiriman global. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Unistellar meluncurkan teleskop pintar, eQuinox 2 di ajang CES 2023, Las Vegas, Amerika Serikat. Perangkat itu akan membuat ponsel pintar jadi teleskop supercanggih.

Laurent Marfisi, co-founder Unistellar mengatakan eQuinox 2 dibuat karena saat ini semakin banyak masyarakat umum yang tertarik dengan astronomi dan angkasa luar.

Saat ini menurutnya banyak teleskop yang dijual bebas di masyarakat dengan berbagai harga dan kemampuan. Sayangnya beberapa teleskop yang harganya murah justru tidak bisa mengeksplorasi angkasa luar dengan lebih mendalam.



Perangkat Ini Bisa Bikin Handphone Jadi Teleskop Supercanggih


Hal itu yang coba ditawarkan Unistellar eQuinox 2. Berbeda dengan teleskop yang ada saat ini, perangkat tersebut justru tidak memiliki lensa mata. Alih-alih pengguna harus memantaunya melalui ponsel pintar atau tablet.

Untuk mengaksesnya Unistellar juga menyediakan aplikasi khusus. Jadinya pengguna Unistellar eQuinox 2 tidak perlu kebingungan sebenarnya objek apa yang tengah mereka pandang. Pasalnya menurut Laurent Marfisi aplikasi itu memiliki 5.000 lebih data mengenai objek-objek di luar angkasa.




"Perangkat ini dibuat tujuannya adalah untuk memberikan sensasi yang dirasakan oleh pengamat astronomi profesional ke masyarakat biasa. Jadi mereka bisa bersenang-senang, menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak mereka dan teman-teman seputar astronomi," terang Laurent Marfisi.

Saat inii Unistella eQuinox 2 dijual di harga USD2.499 atau setara Rp38,7 juta. Menariknya Unistellar berencana menjual perangkat itu tidak hanya di Amerika Serikat saja tapi juga untuk pasar global.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)