Zoom Punya Banyak Fitur Baru Pada 2023, Salah Satunya Avatar Kartun

Sabtu, 07 Januari 2023 - 18:54 WIB
loading...
Zoom Punya Banyak Fitur Baru Pada 2023, Salah Satunya Avatar Kartun
Pengguna Zoom kini bisa rapat seru dan menyenangkan menggunakan Avatar kartun. Foto: dok Zoom
A A A
JAKARTA - Aplikasi video conference Zoom bikin kejutan di awal tahun. Ada fitur baru yang bikin meeting jadi lebih seru dan menyenangkan. Ini penting, mengingat saat ini sudah banyak yang Work From Office (WFO) sehigga durasi penggunaan aplikasi meeting online seperti Zoom pun semakin berkurang.

Nah, mereka menghadirkan fitur baru dimana pengguna bisa memakai avatar kartun. Demikian dilansir dari Engadget, Sabtu (7/1). Avatar kartun ini sebenarnya mirip Memoji Apple atau kartun humanoid Mark Zuckerberg di metaverse.

Karakter virtual Zoom dapat disesuaikan agar bisa mencerminkan gerakan dan ekspresi wajah pengguna. Termasuk ada personalisasi wajah, gaya rambut, dan opsi penyesuaian lainnya.

Kapan harus digunakan? Tentu, bukan untuk rapat resmi. Tapi, bisa dipakai untuk rapat-rapat informal. Avatar kartun ini untuk sementara tersedia di penguji beta, khusus akun berbayar.

Zoom juga mengumumkan template untuk berbagai jenis rapat. Pengguna sekarang dapat membuat template sendiri atau memilih dari tiga pengaturan tertentu. Misalnya, template rapat besar dengan teks otomatis dan konten yang direkam secara otomatis.

Zoom Punya Banyak Fitur Baru Pada 2023, Salah Satunya Avatar Kartun

Pesan dan jawaban Zoom nantinya yang lebih dinamis seperti media sosial. Foto: dok Zoom

Perusahaan juga segera menambahkan pesan dan reaksi beralur untuk obrolan dalam rapat. Mirip seperti yang ada di Slack, Facebook Messenger, atau iMessage. Memudahkan peserta rapat untuk mengetahui pesan mana yang sudah dibalas. Termasuk juga fitur emoji.

Zoom mengatakan fitur utas dan reaksi emoji akan tiba akhir bulan ini.



Terakhir, Zoom juga menambahkan fitur Tanya Jawab baru dalam rapat. Idenya adalah agar penyelenggara rapat tetap teratur, membatasi pertanyaan grup ke satu area aplikasi.

Nantinya akan ada menu Pop-out yang memungkinkan penyelenggara rapat melihat, menjawab, atau mengabaikan kueri. Mereka juga dapat memilih apakah peserta dapat melihat semua pertanyaan atau hanya yangdijawabsaja.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4713 seconds (0.1#10.140)