5 Kasus Kebocoran Data Terbesar di Indonesia Tahun 2022

Kamis, 29 Desember 2022 - 18:23 WIB
loading...
5 Kasus Kebocoran Data Terbesar di Indonesia Tahun 2022
Terdapat sejumlah kasus kebocoran data terbesar di Indonesia sepanjang tahun 2022. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah kasus kebocoran data terbesar di Indonesia sepanjang tahun 2022. Kebocoran data merupakan kasus yang menghebohkan, apalagi dalam sebuah negara .

Kebocoran data biasanya diakibatkan oleh para hacker yang tidak bertanggung jawab, akibatnya negara mengalami kerugian hingga triliunan rupiah.

Baca juga : Kebocoran Data Marak, Kominfo Tekankan Pentingnya Enkripsi Data

Dikutip dari statista-com, Kerugian dari kejahatan siber akan terus meningkat dan diperkirakan mencapai USD23,82 triliun dalam lima tahun mendatang. Adapun, di Indonesia sudah tercatat sebanyak 239,74 juta serangan siber yang terjadi sepanjang 2021 lalu.

Dari jutaan serangan tersebut pada tahun 2022 sudah tercatat lima kasus terbesar kebocoran data yang terjadi di Indonesia, di antaranya sebagai berikut.

1. Data pasien rumah sakit

Pada bulan Januari adanya dugaan kebocoran data di sejumlah rumah sakit yang ada di Indonesia. Diketahui bahwa data tersebut telah dijual di forum penjualan online data base.

Dikutip dari voi, Data yang diambil dari kementerian kesehatan tersebut telah dijual oleh akun bernama GOD User dengan judul postingan Indonesia - Medical Patients information 720GB documents and 6M database.

2. Data Pelanggan PLN

Kebocoran ini terjadi pada bulan agustus yang menyebabkan kerugian bagi perusahaan PLN dan juga identitas pelanggannya. Telah diketahui jumlah data yang diretas oleh para siber sebanyak 17 juta pelanggan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)