Kaleidoskop 2022: Peristiwa dan Tren Terbesar di Dunia Teknologi Sepanjang Tahun Ini

Rabu, 28 Desember 2022 - 23:30 WIB
loading...
A A A
9. Kebocoran Data
Menurut data Kominfo, kasus kebocoran data di 2022 dialami oleh bank, marketplace, institusi pemerintah, hingga BUMN. Selama Januari-November 2022, tercatat ada lebih dari 30 laporan kebocoran data pribadi. Mulai MyPertamina hingga PeduliLindungi. Sayangnya, tidak ada tindakan konkret bagi konsumen/korban.



10. Hype NFT
Non-fungible tokens (NFT) tiba-tiba muncul dan bikin heboh. Digadang-gadang akan jadi sesuatu yang besar. Banyak yang menjadikan NFT sebagai tempat kreatif menjual karya, investasi, bahkan spekulasi. Nike, Gucci, hingga Instagram ikut masuk ke NFT. Tapi, sayangnya hingga akhir tahun trennya justru menurun.

11. ChatGPT
Nama ChatGPT di akhir tahun bikin heboh. Terutama, ketika ada AI/kecerdasan buatan yang bisa “menggantikan” Google. Selain ChatGPT untuk teks, ada juga mesin AI open source untuk gamber seperti Stable Diffusion, DALL-E, hingga Midjourney yang membuat banyak orang kaget dengan kemampuannya menghasilkan gambar yang luar biasa. Bahkan, tren aplikasi AI Image Generator di Indonesia jugasempatngetren.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2596 seconds (0.1#10.140)