Kaleidoskop 2022: Peristiwa dan Tren Terbesar di Dunia Teknologi Sepanjang Tahun Ini

Rabu, 28 Desember 2022 - 23:30 WIB
loading...
Kaleidoskop 2022: Peristiwa dan Tren Terbesar di Dunia Teknologi Sepanjang Tahun Ini
Ada banyak sekali peristiwa teknologi yang heboh, viral, serta menarik di sepanjang 2022. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Tahun ini jadi momen yang sangat seru di dunia teknologi. Sebab, ada banyak sekali hal yang terjadi. Mulai dari aksi Elon Musk beli Twitter, kehancuran pasar kripto, PHK besar-besar perusahaan raksasa, hingga kemunculan mesin AI open source seperti ChatGPT .

Nah, berikut rangkuman berbagai peristiwa besar teknologi yang terjadi sepanjang 2022:

1. Elon Musk Beli Twitter
Langkah Elon Musk membeli Twitter memang menghebohkan dunia dan memicu banyak kontroversi. Mulai soal harganya yang fantastis USD44 miliar (Rp 668 triliun), langkahnya memecat setengah dari tenaga kerja global perusahaan yang berjumlah 7.000 karyawan, hingga mengubah berbagai fitur yang ada di Twitter. Bahkan sampai sekarang pun hampir setiap hari Elon Musk membuat heboh lewat cuitannya.

2. Hukuman Bagi Elizabeth Holmes
Elizabeth Holmes seharusnya jadi orang yang sangat berjasa bagi dunia medis. Sebab, startup miliknya Theranos digadang-gadang bisa menghasilkan tes darah untuk mengetahui berbagai penyakit sekaligus. Sayangnya, semua itu bohong besar. Gara-gara itu, Holmes dihukum 11 tahun penjara. Perusahaan yang sebelumnya bernilai USD 9 miliar langsung kolaps.

3. Ponsel Lipat Semakin Dekat
Mulanya disebut gimmick, tapi ponsel lipat atau foldables akhirnya benar-benar menemukan pasarnya tahun ini. Di Indonesia, Samsung Galaxy Z Fold dan Z Flip terbaru mendapatkan minat sangat tinggi. Bahkan, lebih tinggi dibandingkan Korea Selatan. Diperkirakan Samsung mengapalkan 10 juta unit HP lipat pada 2021, dan jumlahnya akan terus meroket pada 2022. Smartphone lain seperti Oppo dan Xiaomi, diperkirakan akan menyusul tahun depan.

4. Kesuksesan Elden Ring
Elden Ring disebut-sebut sebagai game paling sukses tahun ini, selain God of War Ragnarok. Elden Ring diganjar penghargaan game terbaik dari The Game Awards dan IGN. Total 16 juta kopi game terjual dalam waktu singkat, disebut tersukses di 2022.

5. PHK Perusahaan Teknologi
PHK besar-besar dari berbagai raksasa teknologi jadi sorotan di tahun ini. Mulai Meta, Twitter, Microsoft, Shopee, bahkan di Indonesia seperti GoTo, Binar, hingga Ruangguru. Alasannya, karena banyak startup yang terlalu besar berpromosi, pendapatan tidak meningkat, hingga rekrutmen besar-besaran.

6. Hancurnya Pasar Kripto
Pasar kripto ada di titik terendah di 2022. Mulai turunnya harga aset kripto, tragedi koin Luna yang kehilangan 98 persen valuasi, kasus penggelapan Sam Bankman-Fried, kaburnya Do Kwon sebagai pendiri Terraform Labs, dan masih banyak lagi.

7. WhatsApp Down!
Oktober lalu, untuk pertama kalinya layanan WhatsApp bermasalah dalam waktu yang sangat lama dan berdampak pada jutaan pengguna mereka. Akibatnya, banyak orang tidak bisa berkomunikasi. Pengamat menegaskan sudah saatnya pengguna mulai berpikir untuk memakai chat alternatif seperti Telegram atau Signal dan tidak terlalu tergantung dengan WhatsApp.

8. Metaverse
Awal tahun ini Metaverse jadi istilah yang sangat populer. Sayangnya, popularitas itu melempem di akhir tahun karena Meta, induk Facebook, tidak mampu memberikan sesuatu yang berarti kepada pengguna. Metaverse, hanya menjadi platform yang masih mentah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)