Kaleidoskop Teknologi 2022: Serangan Siber Terbanyak, Kebocoran Data Terparah

Selasa, 27 Desember 2022 - 21:48 WIB
loading...
Kaleidoskop Teknologi 2022: Serangan Siber Terbanyak, Kebocoran Data Terparah
Kebocoran data selama 2022 menjadi catatan buruk bagi Kominfo sekaligus perhatian penting bagi industri teknologi secara keseluruhan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Perhatian lebih terhadap perlindungan data pribadi jadi bagian penting dalam Kaleidoskop Teknologi 2022. Sebab, sepanjang tahun ini jumlah serangan siber meningkat drastis. Selain itu, kasus kebocoran data juga terbanyak.

Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), kasus kebocoran data dialami oleh bank, marketplace, institusi pemerintah, hingga BUMN. Fenomena ini tidak hanya jadi catatan negatif, tapi juga harus jadi perbaikan dan koreksi di 2023.

Selama Januari-November 2022, tercatat ada lebih dari 30 laporan kebocoran data pribadi. Mulai MyPertamina hingga PeduliLindungi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa hingga November 2022 pihaknya telah menangani 77 kasus pelanggaran perlindungan data pribadi. Nah, berikut adalah rangkuman kasus kebocoran data pribadi yang terjadi sepanjang 2022:

1. MyPertamina
Hacker Bjorka mengklaim membocorkan data pengguna dan data transaksi aplikasi MyPertamina dengan jumlah mencapai 44 juta sampel data. Data yang dibocorkan sangat vital. Mulai nama, email, NIK (Nomor KTP), NPWP (Nomor Pajak), nomor telepon, alamat, jenis kelamin, hingga penghasilan.

2. PeduliLindungi
Bjorka juga mengklaim mendapatkan 3,2 miliar data pengguna aplikasi PeduliLindungi di Breach Forums. Data yang diretas berjumlah 48 GB (terkompresi) dan 157 GB (tidak terkompresi). Detailnya, mulai nama, alamat email, nomor induk kependudukan (NIK), nomor telepon, tanggal lahir, identitas perangkat, status Covid-19, riwayat check-in, riwayat penelusuran kontak, sampai status vaksinasi.

3. Kartu Registrasi SIM
Ramainya kasus kebocoran kartu registrasi SIM bergulir di Twitter. Lagi-lagi, Bjorka yang mengklaim memiliki 1,3 miliar data registrasi kartu SIM. Isi data yang diretas, antara lain NIK, nomor telepon, jenis operator, dan lainnya.

4. IndiHome
Dugaan kebocoran data 26 juta pelanggan Indihome oleh Bjorka menjadi viral di Twitter. Isinya terdiri dari nama, alamat email, bahkan nomor kartu tanda penduduk (KTP). Namun, Telkom Indonesia menyebut bahwa klaim tersebut tidak valid dan data-data yang dibocorkan tidak benar.

5. Kementerian Kesehatan RI
Data pasien rumah sakit yang tersimpan pada server milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bocor dan diduga diperjualbelikan di situs gelap Raidforums.

6. PLN
Dugaan penjualan lebih dari 17 juta data pelanggan PLN viral di Twitter. Data tersebut dijual di web breached.to oleh akun "loliyta". Data yang bocor, antara lain ID lapangan, ID pelanggan, nama pelanggan, tipe energi, KWH, alamat rumah, nomor meteran, tipe meteran, hingga nama unit UPI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2593 seconds (0.1#10.140)