Find My Device Siapkan Fitur Lacak Smartphone Hilang Tanpa Internet

Minggu, 25 Desember 2022 - 10:35 WIB
loading...
Find My Device Siapkan Fitur Lacak Smartphone Hilang Tanpa Internet
Find My Device siapkan fitur yang bisa melacak HP saat kehilangan. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Find My Device siapkan pembaruan yang nantinya memungkinkan penggunanya untuk melacak smartphone mereka yang hilang tanpa perlu koneksi internet.

BACA JUGA - Cara Melacak HP Hilang dengan Email

Google telah menyematkan teknologi yang dapat menentukan lokasi smartphone dengan akurat. Menjadikan fitur ini seefisien yang ada di perangkat iPhone atau smartphone Samsung.

Rencana hadirnya pembaruan yang sangat berguna ini bisa dilihat dalam patch note Google Update mulai Desember 2022. Perusahaan yang bermarkas mountain view itu telah menjamin kehadirannya.

"Find My Device sekarang mendukung pelaporan lokasi terakhir yang diketahui terenkripsi untuk perangkat Android, menggunakan kerangka kerja baru yang berfokus pada privasi," kata Google dikutip dari Gizchina, Minggu (25/12/2022).

"Dengan begitu Find My Device dimungkinkan untuk menemukan ponsel Anda meskipun tidak memiliki koneksi internet berkat fungsi baru ini," tambahnya.

Secara konkret, ini menyiratkan bahwa meskipun smartphone tidak memiliki koneksi internet, perangkat berkemampuan Bluetooth terdekat akan selalu dapat membantu pengguna menemukannya.

Detail penting, semua data akan dienkripsi dan smartphone yang digunakan dalam jaringan ini tidak akan dapat mengetahui lokasi smartphone Android. Hanya Google yang akan tahu.

Sebenarnya fitur ini bukanlah hal yang baru. Apple dan Samsung sudah menggunakan teknologi ini. Dalam situasi apa pun, pengguna diberi keamanan lebih, dan itulah yang paling penting.

Sampai sekarang, tidak diketahui kapan opsi ini akan tersedia. Namun sejumlah pihak memprediksi mungkin akan hadir pada update Android 14, rilis OS baru yang dijadwalkan pada akhir tahun 2023.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1871 seconds (11.97#12.26)