Beda STB TV Dengan Android TV Box Yang Harus Kamu Tau 

Kamis, 08 Desember 2022 - 12:01 WIB
loading...
Beda STB TV Dengan Android TV Box Yang Harus Kamu Tau 
Untuk menonton siaran televisi yang berkualitas, dibutuhkan STB dengan Android TV Box. Nah, agar Anda tidak salah beli, pahami terlebih dulu fungsi dan beda STB TV Dengan Android TV Box. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejak siaran televisi analog diberhentikan atau analog switch off (ASO) oleh pemerintah melalui Kominfo, banyak pengguna TV analog yang beralih pada smart TV berbasis Android. Bahkan, tak sedikit pula yang berburu set top box untuk tetap bisa menonton siaran televisi digital dari TV analog yang mereka.

Namun, tahukah Anda apa beda STB TV dengan Android TV Box? Perlu Anda ketahui bahwa TV Android sendiri bisa digunakan untuk menangkap siaran digital. Namun, benda tersebut membutuhkan box yang berbeda dari yang dimaksud sebagai set top box (STB) dalam ASO untuk televisi yang belum bisa menangkap siaran digital.

Nah, simak ulasannya di sini agar Anda bisa mengetahui beda STB dengan Android TV Box.

Yuk Ketahui Beda STB TV Dengan Android TV Box di Sini!

Untuk menonton siaran televisi yang berkualitas, dibutuhkan STB dengan Android TV Box. Nah, agar Anda tidak salah beli, pahami terlebih dulu fungsi dan beda STB TV Dengan Android TV Box.

Perlu Anda ketahui bahwa set top box mempunyai fungsi untuk menangkap siaran digital ke perangkat televisi analog. Ada pula siaran televisi terestrial yang ditangkap adalah siaran yang tidak berbayar atau free to air pada STB tersebut. Setelah STB dipasang di TV analog, Anda bisa menonton siaran televisi biasa. Hanya, yang ditangkap ialah siaran digital, bukan siaran analog.

Di sisi lain, selama siaran terestrial digital bisa menangkap sinyal, Anda juga bisa mendapatkan siaran televisi dengan jernih. Selain itu, siaran terestrial analog yang mempunyai kedekatan lokasi perangkat televisi dengan infrastruktur membuat kualitas gambar siaran yang ditangkap makin baik. Sebaliknya, makin jauh perangkat, sinyal yang ditangkap pun makin lemah sehingga gambar tidak jernih. Bahkan, jika cuaca tidak baik seperti berangin ataupun turun hujan maka kualitas gambar siaran pun bisa buruk.

Sementara itu, Android TV Box berfungsi mengubah televisi konvensional menjadi smart TV. Anda yang menggunakan smart TV ini akan bisa menonton layanan streaming berbayar atau konten YouTube di televisi biasa. Karena berbasis Android, tampilan antarmuka perangkat televisi begitu mirip dengan tampilan di ponsel. Ke depan, smart TV dilengkapi dengan berbagai sistem operasi, bukan hanya Android, ataupun smart TV yang telah cerdas tanpa membutuhkan Android TV Box.

Lebih dalam, Android TV Box mempunyai fungsi utama untuk mengubah perangkat TV biasa menjadi smart TV yang bisa berfungsi menjalankan berbagai aplikasi seperti YouTube, Netflix, TikTok, dan lain sebagainya. Dengan Android TV Box, TV biasa bisa beroperasi layaknya ponsel Android.

Untuk lebih dalam mengetahui beda Set Top Box dan Android TV Box, ketahuilah ciri-cirinya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)