10 Fitur Baru di Sistem Operasi One UI 5 Milik Samsung

Kamis, 24 November 2022 - 20:33 WIB
loading...
10 Fitur Baru di Sistem Operasi One UI 5 Milik Samsung
Samsung mengenalkan One UI 5 yang memiliki banyak sekali fitur tambahan. Foto: dok Samsung Indonesia
A A A
JAKARTA - One UI adalah sistem operasi khas yang ada di ponsel Samsung. Dibandingkan pabrikan HP Android lainnya, One UI termasuk yang paling clean, mudah digunakan, dan nyaman.

Yang terbaru, Samsung mengenalkan One UI 5 yang memiliki banyak sekali fitur tambahan. One UI 5 sebelumnya sudah dirilis secara terbatas ke ribuan pengguna Galaxy lewat program One UI Beta.

Tujuannya, peserta dapat mencoba langsung antarmuka tersebut dan memberikan masukan. Masukan itu, termasuk dari hal-hal terkecil sekalipun diperhatikan.

Nah, berikut beberapa fitur di One UI 5:

1. Fitur Bixby Text Call
Dengan Bixby Text Call, Anda dapat menjawab panggilan telepon hanya dengan mengetik pesan. Bixby akan mengubah teks menjadi audio dan membagikannya langsung dengan penelepon. Fitur ini cocok saat Anda butuh berkomunikasi tetapi tidak selalu dapat didengar, seperti saat di kereta yang sibuk atau di konser yang bising.

2. Modes and Routines
10 Fitur Baru di Sistem Operasi One UI 5 Milik Samsung

Dengan Modes pada One UI 5, pengguna dapat membuat setting yang dikustomisasi, mulai dari tidur dan bersantai hingga berolahraga dan mengemudi.
Contohnya, saat berolahraga, prioritas Anda mungkin adalah mematikan notifikasi agar tetap fokus olahraga dan memutar musik. Saat tidur, HP otomatis akan mematikan suara dan menurunkan kecerahan layar.

3. Ikon dan Warna Aplikasi
One UI 5 memberi tampilan dan nuansa baru. Ikon aplikasi lebih menonjol dan sederhana hingga skema warna yang disederhanakan.

4. Notifikasi Lebih Intuitif
10 Fitur Baru di Sistem Operasi One UI 5 Milik Samsung

Notifikasi di One UI 5 lebih intuitif, mudah untuk dibaca sekilas dan menawarkan tombol jawab dan tolak lebih jelas. Misalnya saat menerima panggilan telepon melalui pop-up call display.

5. Kustomisasi di Lock Screen
10 Fitur Baru di Sistem Operasi One UI 5 Milik Samsung

One UI 5 mendukung kustomisasi langsung di dalam lock screen. Hanya dengan beberapa ketukan, Anda dapat memangkas video, misalnya. Lock screen juga bisa dikustomisasi dengan mengubah wallpaper, gaya jam, dan pop-up notifikasi semuanya dari satu layar.

6. Widget
10 Fitur Baru di Sistem Operasi One UI 5 Milik Samsung

Widget di One UI 5 disegarkan. Lebih rapi dengan Stack widget terbaru. Pengguna juga bisa drag and drop pada widget di atas satu sama lain dan swipe ke kiri atau ke kanan untuk menggulir setiap widget dengan cepat dan mudah, untuk mengosongkan ruang di Home screen dan menggunakannya dengan lebih efisien. Ada juga fitur Smart suggestion untuk widget, bisa menyarankan aplikasi tertentu.

7. Gampang Copy Paste
Mengekstrak teks dari gambar dan membagikannya ke dalam catatan lebih mudah. Misalnya menangkap detail acara dari poster yang ingin dikirim ke teman.

8. Kontrol Perangkat Lain
Pengguna dapat mengontrol semua perangkat yang terhubung ke smartphone di Connected devices menu. Misalnya Quick Share, Smart View, dan Samsung DeX.



9. Keamanan
Di One UI 5, pengaturan privasi dan keamanan disatukan dalam satu dasbor yang jelas dan mudah dinavigasi.

10. Peringatan Informasi Sensitif
One UI 5 memiliki notifikasi di Share Panel yang memperingatkan jika Anda akan tanpa sengaja membagikan foto yang berisi informasi yang berpotensi sensitif seperti gambar kartu kredit atau debit Anda, SIM,ataupaspor.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)