8 Fitur OS One UI 5.1 Samsung yang Tidak Dimiliki HP Lain

Rabu, 15 Maret 2023 - 21:51 WIB
loading...
8 Fitur OS One UI 5.1 Samsung yang Tidak Dimiliki HP Lain
Tampilan antarmuka One UI 5.1 milik Samsung memberikan banyak fungsi dan personalisasi terhadap pengguna. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Walau sama-sama memakai Android, tapi masing-masing pabrikan smartphone melakukan modifikasi terhadap sistem operasi di HP sehingga berbeda-beda. Baik tampilan antarmukanya, fitur, hingga ikon-ikonnya.

Samsung sendiri baru saja mengenalkan One UI 5.1 bertepatan dengan peluncuran Galaxy S23 Series 5G. Yakni sistem antarmuka baru yang dirancang dengan berbagai macam fitur kustomisasi, keamanan, maupun aksesibilitas.

Menurut MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Verry Octavianus, kemudahan penggunaan smartphone dalam keseharian salah satunya dipengaruhi kemampuan sistem antarmuka.

”One UI 5.1 di Galaxy S23 Series 5G menggunakan basis sistem operasi Android 13. Ada banyak tambahan fitur yang bisa dioptimalkan oleh pengguna,” ujarnya. Nah, berikut sejumlah fitur One UI 5.1 yang tidak ditemukan di HP lain:

1. Bisa Lakukan Banyak Kustomisasi

Salah satu kelebihan One UI dibanding sistem antarmuka lain adalah keleluasaan serta kontrol. Misalnya, mengedit dan mengkustomisasi display lock dan home screen di Galaxy S23 Series 5G. Ada banyak pilihan walpaper dengan 16 tema.

Selain bisa menggunakan gambar atau foto, bisa juga membuat wallpaper dengan potongan video agar tampilan ponsel lebih hidup.

2. Banyak Opsi Widget

8 Fitur OS One UI 5.1 Samsung yang Tidak Dimiliki HP Lain

Widget sangat penting bagi mereka yang hobi utak-atik HP. Di One UI 5.1, pengguna Galaxy S23 Series 5G bisa mendapat widget dengan smart suggestion. Artinya, widget akan memberikan referensi aplikasi sesuai aktivitas dan rutinitas penggunanya. Misalnya, Spotify yang akan menyarankan musik untuk berbagai macam aktivitas, seperti mengemudi atau berolahraga.

3. Mode dan Rutinitas

Fitur Modes and Routines bisa dikustomisasi, menyesuaikan situasi. Misalnya Galaxy S23 Series 5G otomatis mengaktifkan mode gelap dan mengubah mode suara saat tiba waktu tidur, mengaktifkan mode 'do not disturb' saat sedang belajar atau bekerja, hingga memutar lagu saat sedang berolahraga.

4. Expert RAW

Di One UI 5.1, untuk masuk ke mode Expert RAW cukup dengan menekan “More” pada menu kamera setelah terpasang pada perangkat Galaxy S23 Series 5G. Sebelumnya, pengguna harus mengakses Expert RAW di aplikasi terpisah setelah mengunduhnya di Galaxy Store.

Expert RAW sendiri adalah mode untuk mengambil foto berkualitas tinggi (RAW) tanpa pemrosesan atau kompresi. Mode ini cocok untuk mereka yang hobi fotografi.

5. Bikin Filter di Gallery

8 Fitur OS One UI 5.1 Samsung yang Tidak Dimiliki HP Lain

Pengguna Galaxy S23 Series 5G bisa filter sendiri dari gambar di gallery atau yang disimpan dari internet. Caranya: Edit foto dengan mengklik logo pensil, pilih filter, dan create filter. Pilih gambar yang ingin kamu jadikan preset filter. Tone warna gambar yang di-edit otomatis mengikuti tone gambar dipilih. Ini penting untuk mempertahankan tone warna yang sama di Feed Instagram, misalnya. Filter juga akan tersimpan otomatis di gallery dan aplikasi kamera.

6. Ngedit Foto dengan Bantuan AI

Photo Remaster adalah fitur yang wajib dicoba di Galaxy S23 Series 5G. Fungsinya, untuk membuat proses remastering foto jadi lebih optimal. Termasuk dalam menghilangkan bayangan dan pantulan. Pengguna bisa membuat foto-foto lama terlihat jauh lebih baik. Dan itu bisa dilakukan dengan sekali klik.

7. Lebih Gampang Mencari Foto

Fitur pencarian foto di Gallery Galaxy S23 Series 5G lebih gampang. Sebab, pengguna bisa mencari lebih dari satu orang atau subjek di saat bersamaan. Bahkan, bisa mencari orang tanpa menandai nama mereka. Cukup mengetuk wajah.

Tampilan informasi gambar atau video di Gallery juga dibuat lebih sederhana. Cukup menggeser foto ke atas, Anda bisa melihat ragam informasi seperti kapan dan di mana lokasi gambar diambil, perangkat apa yang dipakai untuk memotret, dan di mana gambar disimpan.


8. Samsung Notes Bisa Dipakai dengan Google Meet

Di One UI 5.1 aplikasi Samsung Notes bisa dipakai bersama Google Meet. Misalnya berbagi dan mengedit dokumen, mendengarkan musik, hingga menonton video real time.

Proses multitasking dalam penggunaan antar aplikasi pun mudah. Misalnya mengecilkan atau memaksimalkan jendela aplikasi tanpa masuk ke menu opsi, serta menemukan suggestion apps yang paling sering digunakan saat pengguna memulai tampilanlayarterpisah.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2305 seconds (0.1#10.140)