Cara Nonton TV Digital Tanpa Set Top Box

Selasa, 15 November 2022 - 21:29 WIB
loading...
Cara Nonton TV Digital Tanpa Set Top Box
Cara nonton TV Digital tanpa Set Top Box ternyata bisa dilakukan dengan cara sederhana. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara nonton TV analog tanpa Set Top Box bisa dilakukan dengan beberapa langkah.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memang sudah mematikan siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) di Jabodetabek dan beberapa wilayah di Indonesia.

Sebelum melakukan ASO , Kominfo telah menyebarkan lebih dari satu juta Set Top Box (STB) kepada rumah tangga miskin agar bisa menikmati siaran TV digital.

Tetapi, sebenarnya ada cara lain untuk menyaksikan siaran TV digital tanpa menggunakan STB. Seperti diketahui, STB merupakan perangkat penting untuk menunjang kualitas siaran TV digital.

Dengan perangkat tersebut, masyarakat masih dapat menyaksikan tayangan digital yang disediakan oleh seluruh multipleksing di Indonesia.

Lantas, benarkah untuk menyaksikan siaran TV digital hanya dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat STB? Jawabannya tentu tidak, karena ada berbagai cara untuk tetap menikmati siaran TV tanpa menggunakan perangkat tersebut.

Dilansir dari laman Kominfo, untuk bisa menikmati siaran TV digital tanpa menggunakan Set Top Box dengan mudah. Masyarakat sebenarnya bisa langsung memeriksa perangkat televisi yang ada di rumah masing-masing.

Untuk bisa menonton TV Digital maka diperlukan perangkat penerima siaran berstandar Digital Video Broadcasting Terrestrial Second Generation (DVB-T2).

Caranya dengan menggunakan TV yang sudah dilengkapi DVB-T2.

Apabila di televisi terdapat pilihan ‘DTV’, maka televisi mereka sudah mendukung untuk menangkap siaran TV digital tanpa perlu menggunakan perangkat STB.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2044 seconds (11.210#12.26)