Robot Vacuum Cleaner Semakin Diminati, Tidak Perlu Lagi Repot Menyapu Rumah!

Senin, 07 November 2022 - 17:32 WIB
loading...
Robot Vacuum Cleaner Semakin Diminati, Tidak Perlu Lagi Repot Menyapu Rumah!
Midea akan segera merilis robot vacuum cleaner Robozone, menargetkan mereka yang tidak ingin ribet. Foto: dok Midea
A A A
JAKARTA - Memang butuh waktu, tapi robot vacuum cleaner berlahan mulai diminati di Indonesia seiring terbiasanya masyarakat dengan produk rumah pintar atau smart home.

Konsep smart home sendiri merupakan tempat tinggal berbasis teknologi, dimana peralatan rumah dapat diatur dan dikendalikan dari jarak jauh maupun dekat.

Sekitar 3-4 tahun lalu masyarakat mengadopsi konsep smarthome dari hal-hal kecil yang terjangkau seperti lampu yang terkoneksi wi-fi hingga kamera CCTV. Sekarang, minat terhadap produk smart home beralih ke perangkat-perangkat lebih canggih seperti Smart TV hingga robot vacuum cleaner.

Menurut data Statista, pendapatan pasar smart home diproyeksikan mencapai USD383,20 juta atau setara Rp6 triliun pada 2022.

Angka tersebut masih akan terus meningkat hingga 17,50% pada 2026 atau senilai USD740,4 juta (Rp 11 triliun). Artinya, masyarakat tidak hanya sudah paham dengan konsep smart home. Tapi, juga semakin tertarik untuk membuat rumah mereka lebih pintar.

General Manager Changhong IT Indonesia Li Jian mengatakan, perkembangan teknologi memberi dampak positif. Salah satunya aktivitas bersih-bersih yang kini semakin mudah dan cepat dengan adanya robot vacuum cleaner.

4 Model Robot Berbeda
Robot Vacuum Cleaner Semakin Diminati, Tidak Perlu Lagi Repot Menyapu Rumah!

Midea Robozone, menurut Li Jian, merupakan robot vacuum cleaner yang jadi solusi bagi mereka yang punya kesibukan dari rumah namun tetap ingin menjaga kebersihan rumahnya.

Bahkan, ada 4 model robot berbeda yang akan dikenalkan besok Selasa (8 November 2022). Antara lain Midea I5C, Midea M7 Plus, Midea S8+, dan Midea M3L. ”Konsumen tidak perlu lagi repot-repot menyapu,” ujar Li Jian.

Midea I5C memiliki material ABS dengan warna hitam dan putih. Navigasinya memakai sistem Gyro. Punya baterai 2.600mAh Li-on, dengan teknologi Suction Power (MAX) 4.000pa dan kapasitas dust bin 250 ml serta water tank 450ml.

Midea M7 Plus lebih canggih lewat sistem navigasi LDS. Baterainya lebih besar, 5.200 mAh Li-on sehingga cakupan lebih luas.

Untuk Midea S8+, memiliki fitur serupa M7 Plus dengan tambahan kontrol lewat aplikasi. Pengaturan S8+ dapat menggunakan SmartLife/Alexa/Google Assistant/Google Home.



Terakhir, ada Midea M3L. Dilengkapi daya hisap super 500Pa, Midea M3L punya 2 level pengaturan yang dapat dipilih. Masa pakai baterainya 80 menit, sehingga seluruh area rumah dapat dibersihkan dan dijangkau dengan baik. Ada juga kontrol RVC dengan penjadwalan pemakaian yang dapat diaturlewatremote.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3317 seconds (0.1#10.140)