Beberapa Jam Twitter Diambilalih Elon Musk, Postingan Ujaran Kebencian Bertambah

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 07:30 WIB
loading...
Beberapa Jam Twitter Diambilalih Elon Musk, Postingan Ujaran Kebencian Bertambah
Para peneliti mengatakan telah terjadi peningkatan ujaran kebencian dalam beberapa jam sejak Elon Musk mengambil alih Twitter. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
TEXAS - Para peneliti mengatakan telah terjadi peningkatan ujaran kebencian dalam beberapa jam sejak Elon Musk mengambil alih Twitter . Apalagi menyusul berita Elon Musk mulai membersihkan beberapa staf eksekutif Twitter, beberapa kelompok memilih untuk menguji aturan moderasi platform itu.

The Washington Post juga melaporkan bahwa “penghinaan rasial diposting secara merajalela dalam semalam,” beberapa jam segera setelah pengambilalihan Elon Musk. Network Contagion Research Institute (NCRI), sebuah organisasi nirlaba yang mempelajari disinformasi di platform sosial, mengatakan Jumat pagi bahwa mereka telah mengamati peningkatan tajam dalam kata-n (kata-kata berkonotasi negatif) di Twitter.

“Bukti menunjukkan bahwa aktor jahat mencoba menguji batasan di @Twitter. Beberapa posting di 4chan mendorong pengguna untuk memperkuat cercaan yang menghina,” kata kelompok itu dikutio dari laman engadget, Sabtu (29/10/2022).



Seorang juru bicara Twitter tidak menanggapi permintaan komentar terkait masalah ini. Seperti yang ditunjukkan oleh The Post dan NCRI, banyak dari ini tampaknya diatur pada platform seperti 4Chan dan TheDonald, di mana pengguna saling mendorong untuk menyebarkan kebencian.

Untuk saat ini, tidak jelas seberapa luas upaya ini. Seperti kampanye pelecehan di masa lalu, sekelompok kecil troll dapat memiliki dampak yang sangat besar, terutama pada saat pergolakan bagi perusahaan.

Musk, yang menurut Bloomberg untuk sementara mengambil tugas CEO di perusahaan, mengatakan pada hari Jumat bahwa dia tidak akan mengembalikan akun yang dilarang atau membuat perubahan besar pada kebijakan konten perusahaan. Sampai dia bisa untuk membentuk dewan moderasi konten dengan sudut pandang yang sangat beragam.

Dia juga menanggapi akun Twitter bernama Catturd, yang mengeluh tentang larangan bayangan dan kehilangan pengikut, bahwa dia akan "menggali lebih banyak." Musk sebelumnya mengatakan bahwa dia ingin menghapus larangan permanen pada platform.



Peningkatan ujaran kebencian semakin memicu kekhawatiran bahwa upaya Twitter selama bertahun-tahun untuk membersihkan platformnya dapat dilakukan Musk. Apalagi, dia telah memecat eksekutif kebijakan puncak perusahaan, Vijaya Gadde, yang memainkan peran sentral dalam membentuk aturan konten perusahaan.

"Bahayanya di sini adalah bahwa atas nama 'kebebasan berbicara', Musk akan memutar balik waktu dan membuat Twitter menjadi mesin kebencian, perpecahan, dan informasi yang salah tentang pemilu, kebijakan kesehatan masyarakat, dan urusan internasional yang lebih kuat. Ini tidak akan cantik," kata Paul Barrett, wakil direktur Pusat Bisnis dan Hak Asasi Manusia Stern NYU dalam sebuah pernyataan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2429 seconds (0.1#10.140)