Mengenal Fitur Handle Pada YouTube, Mudahkan Interaksi Kreator dengan Penontonnya

Kamis, 13 Oktober 2022 - 16:23 WIB
loading...
Mengenal Fitur Handle Pada YouTube, Mudahkan Interaksi Kreator dengan Penontonnya
YouTube baru saja menghadirkan sebuah fitur terbaru bagi para pengguna setianya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - YouTube baru saja menghadirkan sebuah fitur terbaru bagi para pengguna setianya. Adapun fitur ini memiliki nama ‘handle’. YouTube merupakan salah satu platform berbagi video populer dan banyak digunakan. Seiring waktu, jumlah kreator atau pembuat konten di dalamnya juga semakin bertambah.

YouTube mengeluarkan fitur handle agar para pemilik kanal YouTube bisa terhubung dan berinteraksi lebih mudah dengan kreator lain ataupun para penonton setianya.

Baca juga : YouTube Perkenalkan Reaksi Berwaktu dengan Emoji

Dikutip dari laman The Verge, setiap kreator nantinya akan memiliki sebuah handle unik yang bisa digunakan di seluruh layanan YouTube, baik di halaman kanal, deskripsi video, komentar, dan lainnya.

Lebih lanjut, dengan menggunakan handle tersebut para penonton bisa langsung mengidentifikasi kreator Youtuber yang dimaksud hanya dengan mengetikan format ‘@NamaKanal’.

Sebagai contoh, misalkan sebuah kanal YouTube memiliki handle @Sindonews, maka jika diklik atau dipilih akan langsung menuju ke kanal YouTube pemilik handle tersebut.

“Kami ingin membuat para kreator dan pembuat konten memiliki identitas yang unik layaknya konten mereka, sembari memberikan layanan kepada penonton agar mereka lebih mudah berinteraksi dengan pembuat konten favorit mereka,” kata YouTube seperti Dikutip dari The Verge, Kamis, (13/10/2022).

Selain itu, para pengguna tidak perlu khawatir nama kanalnya akan berubah. Mereka akan tetap memiliki nama kanal seperti sedia kala, hanya saja handle atau username yang dimiliki akan dibuat unik.

Baca juga : Tips YouTube Shorts yang Perlu Anda Ketahui

Jika dicermati, fitur handle YouTube ini mirip dengan yang dimiliki berbagai platform sosial media lainnya seperti TikTok ataupun Twitter.

Secara bertahap, pihak YouTube akan mulai merilis fitur ini kepada para penggunanya dalam waktu dekat. Pengguna yang terpilih akan langsung mendapat notifikasi untuk membuat handle kanal miliknya.

Kemudian, bagi kreator yang sudah memiliki custom URL sendiri, secara otomatis akan menjadi nama handle bawaan. Apabila kurang suka, mereka bisa menggantinya sendiri sesuai keinginan.

Demikian ulasan mengenai fitur handle yang baru saja ditambahkan oleh YouTube. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)