Gamer Ini Buat Komputer Virtual di Minecraft

Kamis, 15 September 2022 - 07:31 WIB
loading...
Gamer Ini Buat Komputer Virtual di Minecraft
Ide gila ini diberi nama proyek Chungus 2. Dengan menggunakan kekuatan redstone, salah satu elemen yang lebih canggih di Minecraft mereka mampu membangun komputer yang sepenuhnya berfungsi. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Ada banyak ide gila yang dituangkan di game Minecraft. Salah satunya adalah ide membuat komputer virtual yang digagas oleh Sammyuri dengan pengerjaan dibantu oleh para sukarelawan sejak tahun lalu.

BACA JUGA - Aplikasi Tipuan Berisi Malware Ancam Pemain Minecraft

Ide gila ini diberi nama proyek "Chungus 2". Dengan menggunakan kekuatan redstone, salah satu elemen yang lebih canggih di Minecraft mereka mampu membangun komputer yang sepenuhnya berfungsi.

Komputer dilengkapi prosesor 8-bit dengan kecepatan clock 1 Hz dan RAM 256 byte. Terlepas dari spesifikasinya, ia mampu memainkan game seperti Tetris, Snake, dan Connect Four, bahkan Minecraft sendiri pada resolusi 96x96.

Melansir dari TechSpot, Kamis (15/9/2022), Sammyuri bekerja dengan sesama pembangun redstone Uwerta dan StackDoubleFlow, bersama dengan beberapa sukarelawan, untuk bermain Minecraft di dalam Minecraft.

Upgrade spesifikasi komputer virtual membutuhkan waktu lebih dari tujuh bulan untuk diselesaikan tim, menambahkan 256 byte RAM, prosesor grafis yang mereka beri nama "AMOGUS," dan memori grafis senilai 6 kilobyte.

Dunia Minecraft yang berjalan di komputer virtual terdiri dari sebidang tanah berukuran 8x8x8 yang menampilkan 16 blok unik. Menariknya lagi, sekelompok pengembang bisa mendapatkan hampir semua fitur penting Minecraft.

Penambangan berfungsi sebagaimana mestinya, pekerjaan kerajinan dalam bentuk 2x2 dan 3x3, dan peti dapat menampung hingga 10 tumpukan barang. Bahkan hal-hal kecil seperti daun yang membusuk,ada dalam permainan.

Untuk membuat game ini, tim menambahkan server terpisah yang disebut MCHPRS (Minecraft High Performance Redstone Server). MCHPRS mempercepat permainan hingga lebih dari 10.000x kecepatan normal.

Memungkinkan komputer virtual menjalankan Minecraft pada kecepatan bingkai sekitar m0,1 FPS. Selain itu, video juga dipercepat "kira-kira 2.000.000 kali lipat". Sammyuri pun mengkonfirmasi bahwa tim berencana untuk melakukan upaya menjalankan Doom di Chungus 2 di masa depan.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1057 seconds (10.55#12.26)