Aplikasi Tipuan Berisi Malware Ancam Pemain Minecraft

Selasa, 01 Desember 2020 - 21:42 WIB
loading...
Aplikasi Tipuan Berisi Malware Ancam Pemain Minecraft
Perusahaan keamanan siber, Kaspersky Labs, menemukan malware yang menyusup dan mengancam pemain Minecraft melalui smartphone. Foto/Ist
A A A
MOUNTAIN VIEW - Bagi kalangan gamer usia anak-anak, Minecraft merupakan salah satu game favorit yang asyik untuk dimainkan. Namun, popularitas Minecraft juga tak lolos dari serangan kejahatan. (Baca juga: Infeksi Jutaan Ponsel, Buruan Copot 17 Aplikasi Berbahaya Penyebar Malware Ini )

Kali ini, perusahaan keamanan siber, Kaspersky Labs, menemukan malware yang menyusup dan mengancam pemain Minecraft melalui smartphone. Ada lebih dari 20 aplikasi jahat di Android, yang menyaru sebagai modpack Minecraft.

Kendati demikian, Google tak tinggal diam. Sebagian besar aplikasi palsu di Play Store sudah diberantas, walaupun masih ada beberapa aplikasi jahat yang tetap bertahan.

Bahkan, melansir dari PCMag, Selasa (1/12/2020), aplikasi tipuan yang berpura-pura menjadi modpacks Minecraft itu sudah cukup populer. Jumlah unduhannya bervariatif, mulai dari 500 ribu hingga 1 juta pengunduh.

Lima aplikasi jahat itu di antaranya adalah Zone Modding Minecraft, Textures for Minecraft ACPE, Seeded for Minecraft ACPE, Mods for Minecraft ACPE, dan Darcy Minecraft Mod. Tetapi setelah di-install, tidak ada mod yang terpasang di perangkat.

Aplikasi-aplikasi tipuan itu hanya akan terbuka sekali, dan membuat korbannya kehilangan kesabaran dan menutup aplikasi. Setelah ditutup, ikon aplikasi itu akan menghilang dan membuat pengguna kesulitan menghapusnya dari ponsel.

Tetapi karena sebagian besar pemain Minecraft adalah remaja dan anak-anak, kemungkinan tidak akan mencari cara untuk menghapusnya. Padahal, meski ikonnya menghilang, aplikasi jahat itu masih terpasang di ponsel.

Cara kejahatannya adalah dengan menampilkan iklan setiap beberapa menit. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membuka peramban, Google Play, Facebook, dan memutar video YouTube. (Baca juga: Kasus Suap Edhy Prabowo, KPK Buka Peluang Selidiki Aliran Uang ke Ngabalin )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9110 seconds (0.1#10.140)