Riwayat Chat Whatsapp Terhapus? Begini Cara Memulihkannya

Kamis, 01 September 2022 - 14:16 WIB
loading...
Riwayat Chat Whatsapp Terhapus? Begini Cara Memulihkannya
Ketika mengalami kejadian lupa mencadangkan riwayat chat whatsapp kadang bikin pusing karena ada dokumen penting yang hilang. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketika mengalami kejadian lupa mencadangkan riwayat chat whatsapp kadang bikin pusing karena ada dokumen penting yang hilang. Saat mengalaminya, jangan panik, karena ada beberapa tips untuk memulihkan chat whatsapp yang terhapus.

Berikut cara memulihkan pesan whatsapp yang terhapus dan belum sempat dicadangkan.

1. Menggunakan Aplikasi Tenorshare
Aplikasi ini dapat di install melalui google play store ataupun iOS. Sistem kerja aplikasi ini adalah dengan menghubungkan ponsel ke usb dan memindainya. Pengoperasian aplikasi tenorshare cukup profesional dan cepat dalam mengembalikan riwayat chat, foto serta video whatsapp yang terhapus.

2. Pemulihan Data Dengan iSkysoft
iSkysoft menawarkan alat pemulihan data untuk android yang cukup hebat. Aplikasi ini mampu memulihkan semua data whatsapp yang mempunyai alat pemindai yang cepat dan tepat dengan faktor risiko nol persen. Walaupun aplikasi ini berbayar, namun anda dapat menggunakannya dengan uji coba gratis.



3. Remo Recover
Selanjutnya adalah dengan menggunakan remo recover. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk android dan cukup memuaskan serta dapat digunakan secara gratis. Pada aplikasi remo recover dapat memulihkan kembali riwayat chat, foto, serta dokumen yang hilang. Anda juga dapat melihat pratinjau atau memilih file mana saja yang ingin di pulihkan.

4. Aiseesoft Fonelab
Salah satu opsi lain untuk memulihkan data riwayat chat whatsapp adalah dengan menggunkan Aiseesoft. Pada penggunaan aplikasi ini anda tidak hanya dapat mengambalikan riwayat chat dengan mudah tetapi juga bisa mengekspor data dengan cepat dan akurat. Semua foto, video dokumen, riwayat chat, kontak dan berbagai lampiran whatsapp lainnya dapat dipulihkan dengan menggunakan alat ini.

5. Menggunakan Icloud Backup
Icloud berfungsi untuk memulihkan obrolan whatsapp ke perangkat yang baru atau yang lama. Cara yang dilakukan cukup mudah hanya tinggal membuka aplikasi whatsapp, lalu membuka pengaturan, dan cadangkan obrolan sekarang.



6. Menggunakan iTunes Backup
Untuk memulihkan obrolan whatsapp dapat menggunakan iTunes. Namun, harus diperhatikan bahwa memulihkan obrolan chat whatsapp dengan iTunes akan menghapus konten dan pengaturan perangkat. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah sambungkan iphone menggunakan kabel usb, dan langkah yang kedua saat perangkat muncul klik di bagian atas dan dibawah tab ringkasan kemudian pilih “pulihkan cadangan”.

Memulihkan Whatsapp dari Google Drive
Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menyimpn salinan riwayat chat whatsapp menggunakan google drive, berikut langkahnya.

1. Pastikan mengecek kembali apakah perangkat android ditautkan ke akun google tempat cadangan yang akan disimpan

2. Install aplikasi whatsapp dan masukkan kembali nomor handphone yang tercantum di whatsapp

3. Pilih Pulihkan saat di minta memulihkan chat dari akun google drive

4. Setelah proses pemulihan selesai, pilih lanjut dan riwayat chat akan muncul setelah proses selesai.

Jika sudah selesai, whatsapp otomatis memulihkan file serta obrolan chat pada cadangan lokal.

MG/Amatu Syukur Naimah
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2840 seconds (0.1#10.140)