Starlink, Layanan Internet Satelit SpaceX Meluncur dalam Enam Bulan

Senin, 27 April 2020 - 12:27 WIB
loading...
Starlink, Layanan Internet Satelit SpaceX Meluncur dalam Enam Bulan
Bos Tesla Elon Musk. FOTO/ Ist
A A A
NEW YORK - Layanan internet satelit milik Spacex akan bisa dicoba oleh publik dalam enam bulan. Hal tersebut diungkap oleh CEO SpaceX Elon Musk dalam cuitan di Twitter.

Musk menyebut, uji coba beta untuk internal akan dimulai dalam tiga bulan, sementara beta untuk publik dalam enam bulan, yang akan dimulai dari lintang tinggi salah satunya Jerman yang memenuhi syarat.

Dijuluki Starlink, layanan internet satelit ini menjanjikan untuk membawa internet cepat dan terjangkau ke lokasi mana pun di dunia, demikian dikutip dari Mashable, Senin (27/4/2020).

Layanan internet dari SpaceX ini tentu menarik bagi merekayang tinggal di daerah terpencil atau wilayah yang kurang memiliki akses broadband.

Starlink menawarkan kecepatan unduh hingga 1Gbps dengan latensi berkisar antara 25 hingga 35 milidetik, setara dengan layanan broadband yang berbasis di darat.

Meskipun layanan internet satelit bukan hal yang baru, jaringan SpaceZ dirancang untuk emncapai kecepatan yang diklaim lebih cepat dengan menggunakan satelit orbut bumi rendah ( low Earth orbit/LEO).

Rencananya, satelit akan terbang di sektiar Bumi dari jarak 200 mil hingga 700 mil di atas permukaan, untuk mengangkut data antara stasiun cumi dan pengguna internet di bawah.

SpaceX telah mendapat persetujuan dari regulator untuk emluncurkan sebanayak 40.000 satelit pada tahun-tahun mendatang.

Pada awal pekan lalum SpaceX telah berhasil mengarahkan 60 satelit Starlink ke ruang angkasa dengan total 420 yang saat ini beroperasi.

Menurut laman resminya, SpaceX memiliki target meluncurkan layanan broadband untuk AS dan Kanada akhir tahun ini. Starlink kemudian dijadwalkan untuk global pada 2021.

Kendati demikian, SpaceX belum mengumumkan biaya untuk layanan internet satelit itu, namun mereka berencana memasok layanan internet dengan menempatkan terminal Starlink di rumah pengguna.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)