Kurangi Emisi Karbon, APL Pasang Solar Panel 100,000 kWh di Medan

Selasa, 09 Agustus 2022 - 15:20 WIB
loading...
Kurangi Emisi Karbon, APL Pasang Solar Panel  100,000 kWh  di Medan
Kegiatan pengecatan Mural di Rumah Sampah dalam mendukung program sedekah sampah Dinas Lingkungan Hidup Kab. Deli Serdang (pada foto : Bapak Christophe Piganiol, Presiden Direktur PT Anugerah Pharmindo Lestari. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
MEDAN - Pembangkit Listrik Tenaga Surya komunitas menjadi salah satu sumber energi bebas emisi yang semakin diandalkan di dunia saat ini. Dengan menggunakan teknologi panel surya yang dipasang di atap gedung berperan penting untuk memasok jaringan listrik hijau di tengah meningkatnya efek perubahan iklim di seluruh dunia.

Melihat pentingnya hal itu, PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL), sebagai perusahaan penyedia jasa layanan di bidang kesehatan terkemuka, meresmikan solar panel yang kedua kalinya.



Berlokasi di salah satu cabang APL, tepatnya di Kota Medan, acara ini dihadiri oleh Christophe Piganiol, Presiden Direktur PT Anugerah Pharmindo Lestari, Dannarjaya Harinta Sri, VP Operations & Technology PT Anugerah Pharmindo Lestari, H. Rajali, S.Sos, MSP, Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumatera Utara, Ir. Artini S. Marpaung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang, Vicky Gunawan, Direktur PT Vastland Indonesia, beserta jajaran.

Peresmian panel surya yang akan menghasilkan energi sebesar lebih dari 100,000 kWh dan mengurangi sekitar 63,5-ton karbon emisi per tahun ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran program Rumah Sampah, yaitu program pemilahan dan penyaluran sampah yang bekerjasama dengan Gerakan Sedekah Sampah yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang.

Sebanyak kurang lebih 100 Kg sampah akan siap didaur ulang per bulannya dan setara dengan 648 Kg pengurangan karbon emisi per tahunnya. Kedua program ini merupakan bentuk komitmen keseriusan PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL) dalam mendukung program Sustainability APL, khususnya di Pilar ‘Respecting Environment’.

“Perubahan iklim adalah kenyataan yang tidak hanya mempengaruhi hasil kesehatan, tetapi juga secara langsung berdampak pada misi kita untuk membuat perawatan kesehatan dapat diakses oleh komunitas yang kami layani. Oleh karena itu, kami berupaya untuk turut berperan aktif dalam membantu mengurangi dampak buruk di lingkungan melalui program-program sustainability. APL
memiliki tim khusus dan akan terus berkolaborasi dengan pihak-pihak strategis untuk mencapai misi keberlanjutan kita melalui inisiatif-inisiatif lainnya.” Ungkap Christophe Piganiol, Presiden Direktur PT Anugerah Pharmindo Lestari dalam keterangan pers Selasa (9/8/2022).

Untuk mewujudkan hal ini, APL berkolaborasi dengan PT Vastland Indonesia sebagai pemilik Gedung dan PT Bumi Enviro Lestari (BEL Solar) terkait dengan pemasangan panel surya yang sesuai dengan standard yang baik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada APL, sebagai distributor farmasi pertama di kota Medan, yang telah mendukung inisiatif hijau di antara perusahaan-perusahaan di Kota Medan. Kami akan berkomitmen untuk mengoperasikan solar panel dengan baik melalui teknologi yang terdepan.” Vicky Gunawan, Direktur PT Bumi Enviro Lestari (BEL Solar)

Hal senada diungkapkan oleh H. Rajali S.Sos, MSP, Kepala Dinas ESDM, Provinsi Sumatera Utara turut mengapresiasi komitmen APL dalam meningkatkan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT)

“Kami mendukung langkah APL untuk mengurangi pemakaian energi dan mendukung sumber energi terbarukan. Hal ini perlu dicontoh untuk pelaku industri lainnya agar kita sama-sama dapat menjaga alam sekitar dan lingkungan.”

Artini S. Marpaung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Provinsi Sumatera Utara, menambahkan “Kami mengapresiasi gerakan Rumah Sampah yang dilakukan oleh APL melalui program Sustainability-nya. Kami berharap kerjasama ini dapat terus dibangun sehingga dapat memberikan manfaat bagi lingkungan hidup”

Dengan semangat untuk memberikan yang terbaik bagi generasi mendatang, APL berupaya untuk mengembangkan program-program yang ada pada pilar-pilar Sustainability lainnya.

Selain di fasilitas APL Medan, APL juga telah memasang PLTS Atap atau Panel Surya di National Distribution Center, Cikarang, yang telah diresmikan pada April 2022. Hal ini sejalan dengan program Kementerian ESDM terkait dengan implementasi PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap).

Melalui perwujudan nyata program-program Sustainability, APL berharap APL dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan
secara langsung
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4691 seconds (0.1#10.140)