Perbedaan WiFi dan MiFi, Mana yang Lebih Anda Butuhkan?

Minggu, 07 Agustus 2022 - 15:00 WIB
loading...
Perbedaan WiFi dan MiFi, Mana yang Lebih Anda Butuhkan?
Perbedaan WiFi dan MiFi penting untuk diketahui, terutama bagi mereka yang sering bepergian. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Perbedaan WiFi dan MiFi penting diketahui, sebab masih banyak yang salah menafsirkan keduanya. WiFi atau wireless fidelity merupakan teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan akses internet tanpa kabel dengan kecepatan tinggi.

Singkatnya, WiFi adalah cara termudah untuk terhubung ke internet. Perangkat seperti smartphone atau laptop memiliki fitur WiFi agar bisa terkoneksi ke internet tanpa menggunakan jaringan operator seluler.

Nah, MiFi adalah modem portabel atau biasa disebut modem WiFi. Modem MiFi bisa dibawa-bawa, bisa memancarkan jaringan WiFi sehingga bisa membantu beberapa perangkat sekaligus terhubung ke internet.

Sebenarnya, fitur yang dimiliki MiFi ini sama saja saat Anda melakukan tethering di HP agar laptop bisa terhubung ke internet. Bedanya, MiFi menggunakan perangkat mandiri yang memiliki baterai yang ditanam di dalamnya, serta slot kartu SIM untuk menjadi penyedia layanan internet.

Ketika kartu SIM dimasukkan, maka Anda dapat terhubung dengan jaringan internet melalui koneksi WiFi.

Beda MiFi dan WiFi
Perbedaan WiFi dan MiFi, Mana yang Lebih Anda Butuhkan?

Perangkat MiFi terdiri dari sebuah modem portabel, kartu SIM dengan paket data aktif, serta kabel data untuk melakukan pengisian daya. MiFi akan memancarkan jaringan WiFi yang bisa digunakan oleh perangkat lainnya.

Karena MiFi sifatnya bisa dibawa-bawa dan bisa digunakan oleh banyak perangkat sekaligus, maka modem WiFi ini digunakan untuk kegunaan tertentu.

Misalnya, saat traveling ke luar negeri. Alih-alih harus membeli kartu baru di negara tujuan atau mendaftar layanan roaming internasional, lebih praktis dan lebih murah membawa MiFi dari Indonesia. Apalagi jika Anda traveling dengan beberapa orang sekaligus.

Soal kecepatan internet, perangkat MiFi sangat tergantung pada jaringan seluler 4G/5G yang dipakainya. Ini juga berbeda dengan jaringan fixed broadband seperti WiFi rumahan yang cenderung stabil.

BACA JUGA: Tokopedia Mengutip Pembeli Rp1.000 Setiap Transaksi, Apa Alasannya?

Fungsi, jika kegiatan Anda lebih banyak dirumah atau dikantor maka menggunakan WiFi rumahan atau WiFi di kantor sudah cukup. Sebaliknya, MiFi penting dipakai oleh mereka yang sering bepergian, baik ke luar negeri atau berbagai wilayah di Indonesia. Sebab, dapat menyediakan jaringan internet dimanapun Anda berada.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1129 seconds (10.177#12.26)