5 Cara Mengatasi Wi-Fi Internet Rumah Lemot, Dijamin Auto Ngebut!

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:13 WIB
loading...
5 Cara Mengatasi Wi-Fi Internet Rumah Lemot, Dijamin Auto Ngebut!
Wi-Fi yang lambat di rumah bisa mengganggu aktivitas, baik bekerja ataupun belajar. Foto: dok Biznet
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi internet rumah yang lambat perlu diketahui. Sebab, meski Work Form Office (WFO) sudah berlaku penuh tapi masih banyak juga perusahaan yang memberlakukan Work From Home (WFH) . Tentu, internet stabil menjadi syarat wajib saat WFH.

Tapi, mengapa internet di rumah tiba-tiba menjadi lambat? Nah, ada beberapa penyebabnya:

1. FUP Habis
Fair usage policy atau FUP adalah kebijakan batas pemakaian wajar penggunaan data internet yang diterapkan penyedia operator. Untuk internet kabel, kuotanya bisa 1.000 GB sebulan. Setelah itu, kecepatan akan turun.

2. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi
Berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya bisa jadi penyebab Internet lemot. Aplikasi yang tidak ditutup akan terus menggunakan jaringan Internet, sehingga kapasitas jaringan terbagi ke dalam beberapa aplikasi.

3. Mengakses Jaringan Bersamaan
Ini penyebab paling umum internet lemot. Yakni padatnya akses yang digunakan oleh pengguna lain. Hal ini karena sekian banyak pengguna mengakses internet pada waktu yang hampir bersamaan. Cek berapa banyak tablet, ponsel, laptop, bahkan TV yang terhubung ke router?

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab internet lemot, nah berikut adalah cara untuk mengatasinya:

1. Restart Modem atau Router
Cara mengatasi Wi-Fi lemot adalah me-restart modem atau router. Caranya, matika saklar atau tombol power. Bisa juga cabut langsung adaptornya. Lalu tunggu 10 sampai 30 detik sebelum dinyalakan kembali.

2. Update Perangkat
Update perangkat dan software bisa jadi solusi. Sebab, terkadang aplikasi masih “menyedot” data walau sedang tidak digunakan. Sehingga memberatkan kinerja perangkat. Aplikasi-aplikasi yang belum update juga membuat ponsel bekerja lebih keras.

3. Bersihkan Cache
Jika sering berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, tutup dulu aplikasi yang tidak digunakan sehingga aktivitas pada aplikasi tersebut terhenti.

4. Cari Alternatif Provider Internet
Langkah terakhir jika internet masih tetap lemot adalah mencari penyedia layanan internet yang berbeda. Pergantian provider ini memakan waktu dan dana yang tidak sedikit, sehingga harus dipikirkan masak-masak.

BACA JUGA: 450 GB Data Penting AMD Dibobol Hacker Gara-Gara Password 123456

5. Cek Kualitas Router
Router lama juga berpengaruh terhadap distribusi sinyal Wi-Fi di rumah. Pastikan posisi Wi-Fi berada di tempat strategis agar diterima oleh banyak perangkat dengan baik. Salah satu teknologi router terbaru adalah WiFi AC1200 Whole-Home Mesh milik Biznet yang dapat memberi jangkauan Internet WiFi di rumah menjadi lebih cepat sampai 800 Mbps dan 100 perangkat.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1473 seconds (11.252#12.26)