3 Tips Backup Data Menggunakan HP Samsung

Selasa, 21 Juni 2022 - 09:33 WIB
loading...
3 Tips Backup Data Menggunakan HP Samsung
Tips backup data menggunakan HP Samsung bisa dilakukan dengan beberapa cara. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Tips backup data menggunakan HP Samsung penting diketahui oleh pengguna. Faktanya, setiap tahun lebih dari 1 triliun foto diambil di seluruh dunia. Bahkan tahun ini angkanya diprediksi dapat mencapai 1,72 triliun foto, atau sekitar 4,7 miliar foto per hari, di mana 92% foto tersebut merupakan hasil jepretan smartphone.

Masyarakat Asia—termasuk Indonesia--jadi salah satu yang paling sering memotret dengan 15 foto per harinya. Hanya kalah oleh Amerika Serikat yang bisa menangkap 20 foto setiap hari.

Bayangkan jika 15 foto sehari dengan 1 foto berukuran 10MB, artinya akan menghabiskan memori smartphone sebanyak 150MB per hari atau lebih dari 4GB per bulan untuk menyimpan foto. Ini pun belum termasuk video untuk TikTok. Jika hal tersebut dibiarkan, maka memori smartphone akan cepat penuh.

”Karena itu, ukuran memori smartphone sangat penting. Minimal 128 GB. Kemampuan untuk menambah memori eksternal hingga 1TB seperti yang dimiliki Galaxy M33 5G jadi nilai plus,” beber Wildan Mukholad, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia. Nah, berikut beberapa cara untuk melakukan backup foto di ponsel Samsung:

Backup menggunakan kartu microSD
Kartu microSD berfungsi memberi ruang penyimpanan ekstra. Selain prosesnya mudah, backup foto dan video ke kartu microSD pun tidak membutuhkan koneksi internet. Ini caranya:
1. Buka aplikasi My Files
2. Pilih Internal Storage
3. Pilih DCIM
4. Pilih folder yang ingin backup, misalnya Camera
5. Tekan lama foto atau video yang ingin di-backup, pilih Move (untuk memindahkan sepenuhnya) atau Copy (untuk membuat salinan)
6. Kembali ke halaman utama dari My Files, lalu pilih SD Card. Pastikan sudah memasukkan kartu microSD ke dalam perangkat
7. Pilih folder tujuan yang diinginkan, pilih Move Here atau Copy Here dan tunggu proses backup selesai

Backup menggunakan hard disk atau flash disk
3 Tips Backup Data Menggunakan HP Samsung

Hard disk dan flash disk umum digunakan untuk menyimpan data seperti foto dan video. Untuk backup dengan hard disk atau flash disk, bisa memanfaatkan fitur Link to Windows di Galaxy M33 5G untuk menghubungkan smartphone ke komputer atau laptop.

Nantinya, transfer file seperti foto dan video ke komputer atau laptop yang sudah terhubung dengan hard disk atau flash disk dengan cepat. Backup data menggunakan flash disk OTG (On The Go), yaitu flash disk dengan dua tipe USB, yaitu USB Type A dan USB Type B, jadi bisa dicolok langsung ke PC atau laptop maupun smartphone.

Cara backup dengan flash disk OTG mirip dengan pakai microSD, cukup buka aplikasi My Files dan pindahkan atau salin foto atau video yang ingin di-backup dari memori internal ke flash disk OTG.

Backup menggunakan online drive
Untuk melakukan backup via online drive, tentukan lebih dahulu platform yang akan digunakan, apakah itu Google Drive, OneDrive, atau layanan cloud lain.

Setelahnya, masuk ke online drive pilihan, lalu upload foto dan video yang ingin di-backup. Pastikan sudah login dan memiliki koneksi internet stabil supaya proses backup menjadi lancar.

Pengguna Samsung bisa menghubungkan akun Google Drive atau OneDrive kamu ke aplikasi My Files di Galaxy M33 5G, jadi kamu bisa semakin mudah untuk akses semua data kamu, baik itu yang ada di smartphone maupun yang ada di online drive.



Selain itu, bisa memaksimalkan platform Google Photos untuk simpan foto dan video yang ada di smartphone secara online. Cukup login dengan akun Google lalu aktifkan fungsi backup di dalam Google Photos, maka tiap foto dan video yang tersimpan di memori internal smartphone akan otomatis di-backup di Google Photos. Dalam hal ini, ada baiknya menggunakan koneksi wifi supaya kuota tidak banyak terpakai untuk proses backup.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)