China Akui Kecanggihan Teknologi Graphene untuk Perangkat Cerdas

Rabu, 24 Juni 2020 - 12:17 WIB
loading...
China Akui Kecanggihan Teknologi Graphene untuk Perangkat Cerdas
Tablet Huawei MatePad Pro 5G yang diluncurkan belum lama ini juga menggunakan teknologi disipasi panas graphene. Foto/Digital Trends
A A A
BEIJING - Pembuangan pana s telah menjadi kunci untuk menentukan kinerja smartphone, tablet, dan produk pintar lainnya . Banyak merek telah memperkuat desain pembuangan panas tahun ini. (Baca juga: Huawei HMS Core Versi 5.0 Bawa Sejumlah Peningkatan Kemampuan Ponsel )

Tablet Huawei MatePad Pro 5G yang diluncurkan belum lama ini juga menggunakan teknologi disipasi panas graphene. Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China secara khusus menyebutkan keunggulan Huawei.

Menurut laporan "Graphene Thermal Control Materials, Dapatkan Aplikasi Inovatif di Produk Huawei 5G", Penggunaan teknologi Huawei ini patut dipuji. Mengikuti aplikasi pertama film graphene di Huawei Mate 20X, perusahaan baru-baru ini merilis tablet 5G pertamanya, Huawei MatePad Pro 5G, yang menggunakan teknologi disipasi panas Graphene 3D ultra-tebal. Ketebalan total mencapai 400nm.

Laman Giz China melaporkan, Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China menyatakan teknologi ini menggunakan graphene sebagai bahan baku dan menggunakan film konduktif termal yang sangat berorientasi ditumpuk oleh beberapa lapisan graphene. Ini memiliki karakteristik sifat mekanik yang baik, konduktivitas termal yang tinggi, ringan, bahan tipis, dan fleksibilitas yang baik.

Keunggulan Graphene Dibandingkan Bahan Lainnya
Graphene adalah bahan dua dimensi novel. Ini terdiri dari atom karbon dan orbital hibrida sp2 untuk membentuk film datar heksagonal dengan kisi sarang lebah. Ketebalannya hanya satu atom karbon. Ini adalah nanomaterial tertipis tetapi juga paling sulit di dunia.

Graphene sulit untuk dipersiapkan, tapi merupakan bahan berteknologi tinggi yang menjanjikan. Bahan ini hampir sepenuhnya transparan dan hanya menyerap 2,3% cahaya. Konduktivitas termal setinggi 5300 W/m·K, yang lebih tinggi dari karbon nanotube dan berlian.

Selain itu, mobilitas elektronnya melebihi 15.000 cm2/ V·s, yang lebih tinggi dari karbon nanotube atau kristal silikon. Melihat resistivitasnya, hanya sekitar 10-6 n·cm. Ini lebih rendah dari tembaga atau perak dengan resistivitas terkecil di dunia.

Karena karakteristik ini, graphene "bersinar" di bidang optik, pembuangan panas, semikonduktor, baterai, dan lain-lainnya. Perlu disebutkan bahwa Huawei baru-baru ini berinvestasi di Teknologi Changzhou Fuene untuk lebih jauh menggunakan teknologi graphene.

Produk terakhir yang ada meliputi graphene thermal conductive film, graphene thermal conductive sheet, graphene foam film, dan lainnya. Ini digunakan oleh ponsel Huawei dan Honor.

Solusi "Pendinginan Cairan Graphene" adalah bahan yang disediakan oleh Teknologi Fuene. Investasi Huawei dalam Teknologi Fuene adalah menggunakan teknologi graphene untuk manajemen pembuangan panas. Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan China teratas dalam teknologi graphene.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2612 seconds (0.1#10.140)