Jaringan 3G Ingin Dimatikan, Ini 3 Alasan Beralih dari Ponsel 3G ke Smartphone 4G

Rabu, 08 Juni 2022 - 18:30 WIB
loading...
Jaringan 3G Ingin Dimatikan, Ini 3 Alasan Beralih dari Ponsel 3G ke Smartphone 4G
Galaxy A03 Series menggunakan One UI Core yang memberi tampilan dan pengoperasian lebih ringkas. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Penjualan ponsel 5G secara global sudah mengalahkan ponsel 4G pada Maret 2022 silam. Uniknya, di Indonesia cukup banyak pengguna ponsel yang masih memakai jaringan 2G/3G.

Karena teknologinya sudah tidak lagi bersaing, maka pemerintah Indonesia berencana untuk menutup jaringan 3G di Indonesia paling lambat hingga akhir 2022 mendatang. Maka, masyarakat tak lagi bisa menggunakan jaringan 3G dan mau tidak mau harus beralih ke layanan 4G.

Mayoritas penjualan ponsel di Indonesia memang masih di dominasi oleh 4G, meski ponsel 5G juga tumbuh pesat. Karena itu, beralih dari ponsel 3G ke 4G adalah keniscayaan.

Nah, berikut adalah keunggulan ponsel 4G dibandingkan ponsel 3G yang perlu diketahui. Sekaligus, menjadi alasan mengapa harus migrasi ke dari jaringan 3G ke 4G:

1. Smartphone 4G Mudah Digunakan dan Umurnya Panjang
Salah satu alasan pengguna 3G belum beralih ke 4G adalah anggapan ponsel jadul lebih mudah digunakan. Utamanya bagi mereka yang “gaptek”.

Padahal, menurut MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Ricky Bunardi, ponsel seperti Galaxy A03 Series yakni Galaxy A03, Galaxy A3s dan Galaxy A03 Core menggunakan One UI Core yang memberi tampilan dan pengoperasian lebih ringkas. ”Misalnya fitur Edge Panel untuk memudahkan berpindah-pindah aplikasi ataupun membuka dua aplikasi sekaligus,” katanya.

Selain itu, Ricky mengklaim dengan harga terjangkau Galaxy A03 Series tidak lemot. Sebab, menggunakan RAM hingga 4G, prosesor Octa Core, serta memori internal 128 GB. Pengguna jugatidak perlu sering berganti-ganti ponsel selama sudah memenuhi kebutuhannya.

2. Layar Besar, Hiburan dan Komunikasi Lebih Nyaman
Jaringan 4G memiliki koneksi internet lebih cepat dibandingkan ponsel 3G. Wajar, jika banyak ponsel memiliki layar besar. Sebab, dengan koneksi 4G pengguna bisa bermain game, menonton video, serta berbagai hiburan digital lainnya.

”Galaxy A03 Series punya layar 6.5 inci berkualitas HD+. Jadi, lebih nyaman dilihat. Huruf bisa ditampilkan dengan lebih besar. Pengalaman seperti video call juga lebih nyaman,” katanya.

3. Smartphone 4G Punya Kamera Lebih Canggih dari Ponsel 3G
Meski di kelas entry level, tapi ponsel 4G saat ini sudah memiliki kualitas kamera yang sangat baik. Galaxy A03s, misalnya, dibekali triple camera dengan kamera utama 13MP, lensa macro 2MP dan lensa depth 2MP. Bahkan, Galaxy A03 punya kamera beresolusi tinggi 48MP.



”Sehingga pengguna bisa lebih mudah mengirim foto atau video lewat WhatsApp, misalnya,” beber Ricky. Komunikasi lewat foto dan video saat ini sangat penting dibandingkan sekadar komunikasi melalui teks. Hal ini dimungkinkan karena jaringan 4G juga lebih cepat dalam mengirim data.

Menurutnya, Galaxy A03 Series memiliki 3 varian. Yakni Galaxy A03 4GB/128GB dibanderol Rp2 juta, dan 4GB/64GB di Rp1,8 juta. Galaxy A03s (3GB/32GB) harganya Rp1,6 juta, sementara Galaxy A03 Core (2GB/32GB) harganya Rp1,250 juta
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)