Susah Move On dari 3G? Ini 3 Alasan untuk Beralih ke Jaringan 4G

Rabu, 08 Juni 2022 - 17:02 WIB
loading...
Susah Move On dari 3G? Ini 3 Alasan untuk Beralih ke Jaringan 4G
Faktanya, rata-rata kecepatan download yang dirasakan pengguna 3G 60% lebih rendah dari yang didapat oleh pengguna 4G. Foto: dok Samsung Indonesia
A A A
JAKARTA - Migrasi jaringan dari 3G ke 4G sudah dilakukan oleh berbagai operator di Indonesia dan bahkan targetnya akan selesai tahun ini. Artinya, masyarakat tak lagi bisa menggunakan jaringan 3G dan harus beralih ke layanan 4G masimal 5 bulan lagi.

Meski demikian, masih ada jutaan orang yang sehari-harinya masih bergantung pada jaringan 3G untuk mengakses internet dari ponsel. Padahal, kualitas jaringan 3G sebenarnya sudah tidak maksimal dan jauh di bawah kualitas 4G.

Faktanya, rata-rata kecepatan download yang dirasakan pengguna 3G 60% lebih rendah dari yang didapat oleh pengguna 4G.

Selain itu, pengguna smartphone yang hanya bisa terkoneksi dengan jaringan 3G saja hanya memiliki akses terhadap mobile data 82,2% dari keseluruhan waktu yang dimiliki, 14,4% lebih rendah dari pengguna jaringan 4G.

”Karena itu, migrasi 3G ke 4G akan memberi manfaat besar bagi para pengguna smartphone karena kecepatan jaringan 4G yang lebih tinggi dan lebih stabil dapat memperlancar keseharian penggunanya,” ujar Ricky Bunardi, MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia.

Nah, berikut manfaat yang bisa dirasakan saat beralih dari layanan 3G ke 4G:

1. Browsing, streaming video, sampai download konten jadi lebih lancar.

2. Komunikasi jadi lebih nyaman dengan berkirim chat jadi lebih cepat, video call tanpa putus-putus, hingga menelepon dengan layanan
VoLTE yang suaranya lebih jernih.

3. Banyak layanan yang bisa digunakan dengan lebih maksimal, seperti akses media sosial, streaming di platform OTT, belanja online, main game online, hingga pakai aplikasi Maps.

Sebagai vendor smartphone, Ricky mengatakan bahwa pihaknya berupaya menyediakan pilihan perangkat 4G yang harganya terjangkau seperti Galaxy A03 Series yang dibanderol mulai Rp1,2 jutaan-Rp2 jutaan saja.



”Kami menyadari bahwa kehadiran smartphone 4G yang terjangkau bagi masyarakat luas sangat penting. Walau harganya terjangkau, fitur-fitur yang diberikan Galaxy A03 Series juga tetap relevan. Misalnya baterai 5.000 mAh, layar 6,5 inci, RAM hingga 4GB, memori internal 128GB, hingga resolusi kamera hingga 48MP,” ungkapnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3274 seconds (0.1#10.140)