Google Menyatakan Perang Terbuka Terhadap Zoom dkk

Senin, 22 Juni 2020 - 10:02 WIB
loading...
A A A
Pertama, sebagian besar pertemuan bisnis digabungkan melalui tautan, dan sebagian besar tautan itu digabungkan dari satu dari tiga aplikasi. Masing-masing klien email Anda, klien kalender Anda, atau aplikasi komunikasi grup Anda. Google tidak memiliki aplikasi obrolan grup yang populer, dan walaupun klien kalendernya populer, aplikasi itu sudah mengandung cara untuk membuat panggilan Google Meet.

Lalu ada AI saran pintar Google. Jika Anda mengetik pesan di Gmail dan Anda referensi melakukan panggilan atau obrolan video, akan mudah bagi Google Smart Compose untuk bertanya apakah Anda ingin memasukkan tautan untuk rapat Google Meet.

Ada juga alasan praktis nyata bagi Google untuk melakukan hal ini sebagaimana adanya. Saat ini, Google tidak dapat memaksa pembuat ponsel pintar Android yang ada untuk menggabungkan Google Meet ke perangkat yang sudah dirilis.

Itu dapat mengubah kontraknya dengan perusahaan smartphone untuk peluncuran ponsel di masa depan agar memasukkannya fitur ini. Sementara itu, OEM smartphone adalah layanan bundar seperti Skype karena kemitraan seperti Samsung dan Microsoft menjadi lebih umum.

Tidak sulit untuk membayangkan Zoom dalam pembicaraan dengan berbagai produsen ponsel tentang pengaturan yang sama. Jadi, alih-alih menunggu negosiasi GMS (Layanan Seluler) berikutnya, Google pada dasarnya dapat menghindari proses yang sudah ada untuk preload dengan menempatkan aplikasi di dalam aplikasi lain.

Semua ini memang memunculkan pertanyaan, apakah yang dilakukan oleh Google adil? Perusahaan ini adalah penyedia email cloud terbesar di dunia, dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif. Pengaruh Google sangat besar sehingga bahkan layanan populer seperti Zoom akan menghadapi hambatan adopsi nyata saat Gmail mulai menangkap pengguna Google Meet dengan hanya berada di sana.

Ini tidak akan ada hubungannya dengan fitur Google Meet, keandalannya, atau skalabilitasnya —itu karena Google Meet ada di titik keputusan yang nyaman dan awal bagi pengguna, titik keputusan di mana pesaing Meet tidak akan dapat menempatkan diri.

Google meluncurkan ini secara otomatis ke miliaran smartphone Android, sebagai aplikasi tingkat sistem yang tidak dapat dihapus, dalam hitungan pekan. "Anda akan ada di sana untuk miliaran orang ketika mereka memperbarui Gmail, dan sementara itu bisa dimatikan, saya yakin sebagian besar tidak akan pernah repot. Saat Google menghadapi pengawasan antimonopoli yang semakin meningkat, langkah seperti ini mungkin tidak terlihat dalam cahaya terbaik, dan mungkin seharusnya tidak," pungkasnya.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2145 seconds (0.1#10.140)