Google Hapus 190 Ribu Pengembang dan 1,2 Juta Aplikasi di Play Store

Selasa, 03 Mei 2022 - 08:22 WIB
loading...
Google Hapus 190 Ribu Pengembang dan 1,2 Juta Aplikasi di Play Store
Hal ini dilakukan untuk membuat Google Play Store sebagai tempat yang lebih aman bagi pengguna. Foto: dok Engadget
A A A
JAKARTA - Laporan terbaru Google menyebut ada 190.000 akun developer yang mengandung spam telah diblokir dari toko aplikasi Play Store sepanjang 2021. Tidak hanya itu, 1,2 aplikasi juga sudah dihapus karena melanggar kebijakan mereka.

Jumlah ini ternyata jauh lebih besar dibanding 2020 silam. Adapun pemblokiran dan penghapusan dilakukan Google dalam upaya menjadikan toko aplikasi Play Store sebagai ruang yang lebih aman bagi konsumen.

Seperti dilansir dari Gizchina, Google mengaku sudah berhasil memblokir miliaran aplikasi yang berpotensi berbahaya. Lebih dari 500.000 akun developer yang tidak aktif dan terbengkalai juga ditutup.

Dalam aturan Keamanan Data untuk pengembang, Google memang menyebut bahwa mereka sangat ketat dalam menyediakan software development kit (SDK).

Google mencatat bahwa 98 persen aplikasi yang telah migrasi ke Android 11 terhindar dari risiko akses terhadap application programming interface (API) yang sensitif. Jadi, semakin baru Android yang digunakan, semakin kecil risiko pengguna untuk mendapatkan spam.

”Kami terus berupaya menjadikan Android sebagai tempat yang aman. Tahun lalu, kami melarang pengumpulan semua ID Iklan (AAID) pengguna dan pengidentifikasi perangkat lainnya di aplikasi khusus anak. Juga, mengizinkan semua pengguna untuk menghapus ID Iklan mereka sepenuhnya, apa pun aplikasinya,” kata Google.

Menurut situs Neowin, ketika datang ke Play Store, privasi dan keamanan memang menjadi prioritas tinggi bagi mereka. Ada laporan bahwa Google menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga yang merekam panggilan.



Perusahaan juga mengenalkan di menu “Keamanan Data” untuk pengembang yang mengharuskan mereka memberikan lebih banyak informasi tentang data pengguna apa pun dikumpulkan dan tujuan di baliknya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)