Benarkah Menghapus Email Bisa Bantu Menyelamatkan Bumi? Ini Penjelasannya

Rabu, 20 April 2022 - 21:04 WIB
loading...
Benarkah Menghapus Email Bisa Bantu Menyelamatkan Bumi? Ini Penjelasannya
Menghapus email ternyata bisa mencegah pemanasan global dan bantu selamatkan bumi. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Menghapus email ternyata bisa mencegah pemanasan global dan bantu selamatkan bumi. Tahukah Anda kalau setiap satu email yang dihapus bisa mengurangi 0,3 gram karbon dioksida.

Kemajuan zaman mengantarkan manusia untuk berkirim pesan secara digital lewat surat elektronik atau email. Pada awalnya, ini dianggap dapat membantu menyelamatkan Bumi.

Pasalnya Anda tidak perlu lagi menggunakan kertas yang notabene bahan bakunya adalah kayu. Dengan email, digadang-gadang dapat mengurangi aktivitas pembabatan hutan.

Namun ternyata anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Lantaran mengirim email juga ternyata berkontribusi pada emisi karbon yang dapat memicu pemanasan global.

BACA : Inilah Kode Password yang Sering Dipakai Penduduk Dunia

Semakin banyak email yang menumpuk maka semakin besar juga kinerja server yang menyimpan email, yang lebih lanjut akan menghasilkan polusi lebih banyak lagi.

Sialnya lagi, server harus dinyalakan sepanjang hari agar bisa terus beroperasi. Ini tentu membutuhkan pasokan listrik yang cukup banyak. Dan menghapus email menjadi solusinya.

Melansir dari The Good Planet, Rabu (20/4/2022), rata-rata orang Amerika Serikat memiliki sekitar 500 email spam. Jika email tersebut dihapus maka akan mengurangi beban Bumi.

Setiap email diperkirakan menyumbang 0,3 gram karbon dioksida. Dengan menghapus 500 email spam maka ada 175 gram karbon dioksida yang dihilangkan.

Menghapus email memang tampaknya sepele. Namun ternyata berkontribusi besar untuk menjaga Bumi. Pada 2019, sebanyak 293,6 miliar email dikirim setiap harinya di seluruh dunia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1564 seconds (10.101#12.26)