Ini 6 Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Tanpa Reset

Jum'at, 15 April 2022 - 10:06 WIB
loading...
Ini 6 Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Tanpa Reset
Cara membuka hp yang lupa kata sandi dapat anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara membuka hp yang lupa kata sandi dapat anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Ada beragam upaya yang bisa digunakan, ketika kamu lupa akses masuk sehingga tak perlu ke service center.

Produsen smartphone kini juga terus meningkatkan berbagai jenis password untuk keamanan produknya. Mulai dari kombinasi angka dan huruf, pola, sensor fingerprint atau pemindai wajah.

Sementara itu, pengguna yang lupa password HP juga tak dapat mengakses smartphone-nya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara membuka HP yang lupa kata sandi.

1. Menggunakan Smart Lock

Dikutip dari Makeuseof.com, smart lock merupakan fitur Android yang bisa membuka perangkat dengan mengabaikan password yang diterapkan. Namun untuk bisa menggunakannya Anda harus sudah mengaktifkan fitur ini sebelum Anda lupa kata sandi.



Berikut ini langkah-langkah pengaktifannya di Android secara umum:

- Buka Pengaturan

- Pilih Keamanan

- Smart Lock

Khusus untuk Android di Samsung bisa mengikuti langkah berikut ini:

- Pengaturan > Layar Kunci > Smart Lock.

Anda harus input kata sandi Anda saat ini untuk membuat perubahan pada fitur tersebut. Kemudian Anda bisa menentukan lima opsi yang memungkinkan untuk mengakses kunci ponsel Anda tanpa kata sandi:

- Deteksi pada tubuh: Ponsel mendeteksi bahwa Anda sedang membawanya dan secara otomatis tetap tidak terkunci saat berada di tangan atau saku Anda.

- Tempat terpercaya: Menggunakan lokasi Anda untuk membuka kunci ponsel saat Anda berada di dekat alamat yang telah Anda pilih.

- Perangkat terpercaya: Membuat perangkat Anda tidak terkunci saat terhubung ke perangkat Bluetooth terpercaya, seperti pelacak kebugaran atau mobil Anda.

- Deteksi wajah: Menggunakan pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel Anda.

- Pencocokan suara: Saat mengenali suara Anda, itu akan membuka kunci ponsel Anda. Sayangnya, opsi ini dihentikan di Android 8 Oreo dan seterusnya, meskipun masih berfungsi pada perangkat sebelumnya.

Jika Anda telah menyiapkan satu atau beberapa opsi ini sebelum Anda lupa kata sandi, Anda bisa menggunakannya untuk mengakses kembali ke smartphone Anda.

2. Find My Device

Berikut cara membuka hp yang lupa kata sandi menggunakan Google Find My Device:

- Buka Google Find My Device dari browser PC atau laptop.

- Kemudian, Anda akan mendapatkan identifikasi dari Hp Anda, seperti nama, lokasi terakhir, dan persentase baterai.

- Lalu, pilih opsi Erase Device.

- Setelah itu, ikuti setiap langkah dan petunjuk yang muncul. Hingga, Anda masuk ke laman login Google.

- Login dengan akun Google yang terdaftar di ponsel Anda.

- Hp akan tersetel dalam keadaan baru secara otomatis. Setelah itu, Anda dapat menyetel kata sandi baru yang mudah diingat.

3. Samsung Find My Mobile

Samsung Find My Mobile merupakan salah satu layanan resmi yang dikeluarkan oleh Samsung yang bisa dijadikan alternatif cara membuka hp yang lupa kata sandi:

- Kunjungi situs Samsung find my mobile yang bisa diakses melalui browser atau aplikasi.



- Kemudian, log in dengan akun Samsung yang terdapat di Hp Samsung Anda. Jika belum punya, Anda bisa membuat akun baru. Lalu, klik tombol lock my screen di bagian kiri layar.

- Lalu, masukkan PIN yang baru lalu klik tombol lock PIN akan berubah dalam waktu 1 hingga 2 menit, jika sudah berhasil Anda bisa segera membuka Hp.

4. Menggunakan Fitur Forgot Pattern

Cara membuka hp yang lupa kata sandi berikutnya dengan menggunakan fitur forgot pattern untuk menyetel ulang kode sandi menggunakan fitur ini.

- Masukkan pola yang salah ke layar kunci hingga Anda beberapa kali atau sampai batas maksimal hingga muncul pesan untuk mencoba lagi dalam beberapa detik.

- Ketuk Forgot password, dan Anda akan melihat permintaan untuk memasukkan informasi akun Google Anda.

- Ketikkan alamat email dan kata sandi Anda.

- Anda sekarang memiliki pilihan untuk mengatur ulang pola layar kunci Anda. Cukup ketuk tab Masuk , lalu buka pengaturan Buka Kunci Layar dan atur pola layar kunci baru. Sayangnya, Google menghapus opsi ini di Android versi modern.

5. Menggunakan ADB untuk Hapus PIN

Cara membuka hp yang lupa kata sandi selanjutnya dengan menggunakan utilitas Android Debug Bridge (ADB) dengan mengakses file ponsel melalui komputer.

Anda dapat memanfaatkan ini untuk menghapus file yang mengontrol keamanan layar kunci ponsel. Metode ini dapat dilakukan dengan menggunakan komputer yang pernah terhubung ke smartphone yang terkunci tersebut menggunakan USB.



- Sambungkan ponsel Anda ke PC dengan menggunakan kabel USB.

- Lalu, buka software Command Prompt dan ketikkan perintah CMD berikut: adb shell rm/data/system/gesture/key lalu tekan Enter, agar bisa masuk ke direktori instalasi ADB.

- Selanjutnya Reboot ponsel, dengan demikian sandi akan menghilang dari hp mu.

- Saat proses reboot pertama berlangsung, segera ganti password hp mu sebelum proses reboot kedua berlangsung.

6. Menggunakan Ponsel Lain

Anda bisa meminjam ponsel orang lain untuk melakukan panggilan darurat. Cara membuka hp yang lupa kata sandi ini terbilang mudah untuk dilakukan dan Anda tak perlu khawatir untuk menghapus data yang berada di dalam Hp.

- Pinjam Hp milik teman atau keluarga.

- Telepon nomor milikmu pakai Hp pinjaman itu.

- Ketika Hp berdering, angkat panggilan.

- Selesaikan panggilan, segera tekan tombol Home.

- Setelah masuk menu utama, ubah pola Hp atau kata sandi.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)