Hasil Riset Sebut Kebiasaan Selfie Akan Membuat Hidung Membesar

Senin, 04 April 2022 - 22:28 WIB
loading...
Hasil Riset Sebut Kebiasaan Selfie Akan Membuat Hidung Membesar
Riset sebut kebiasaan selfie akan membuat hidung membesar. FOTO/ IST
A A A
LODON - Sebuah studi baru mengklaim selfie memengaruhi penampilan wajah seseorang di foto dengan membuat hidung mereka terlihat besar.

Seperti dilansir dari Daily Mail Senin (4/4/2022), tim peneliti dari University of Texas Southwestern Medical Center mengungkapkan potret diri yang menampilkan hidung individu lebih moncong dan lebar daripada foto standar.


Setelah itu, tim peneliti mencatat permintaan untuk operasi korektif hidung atau operasi hidung semakin meningkat di tengah popularitas selfie.

Ketua tim peneliti, drg. Bardia Amirlak mengatakan ada hubungan yang signifikan antara peningkatan potret diri dan lonjakan permintaan untuk operasi rinoplasti, terutama di kalangan anak muda.

Dalam studi tersebut, kelompok peneliti menggunakan 30 sukarelawan untuk mengetahui bagaimana selfie memengaruhi penampilan wajah seseorang.

Relawan diminta untuk duduk untuk memungkinkan tiga foto yang berbeda untuk diambil.

“Dua foto diambil dengan teknik selfie masing-masing pada jarak 30,48 sentimeter (cm) dan 45,72 cm dari wajah, sedangkan satu lagi diambil dengan kamera digital pada jarak 152,4 cm. Ketiga foto itu diambil di kursi dan kondisi pencahayaan yang sama," kata laporan itu.

Tim peneliti kemudian membandingkan ukuran empat bagian dalam gambar, yaitu hidung, bibir, dagu, dan lebar wajah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa foto selfie yang diambil berpengaruh signifikan terhadap penampilan wajah para relawan.

Rata-rata, hidung terlihat lebih besar 6,4 persen pada foto selfie pada jarak 30,48cm dan 4,3 persen pada jarak 45,72cm dibandingkan foto yang diambil dengan kamera digital.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)