Ukraina Desak ICANN Cabut Domain Internet Global Rusia

Jum'at, 11 Maret 2022 - 15:32 WIB
loading...
A A A
Rusia sendiri telah melakukan uji coba dengan membuat internet sendiri yang diberi nama Runet. Pada 2019, pemerintah Rusia mengatakan telah berhasil menguji sistem Runet.

"Pada saat itu hanya sedikit yang memahami kebutuhannya, tetapi sekarang, dalam konteks invasi Ukraina, semuanya lebih masuk akal," kata Prof Alan Woodward, seorang ilmuwan komputer dari University of Surrey.

Sekarang tampaknya Rusia sedang menguji ulang sistem tersebut. Dalam sebuah memo dari pemerintah Rusia, ISP diminta untuk meningkatkan keamanan mereka dan terhubung ke server sistem nama domain (DNS) di Rusia.

Beberapa orang mengira memo itu, dan tanggal penyelesaian tes pada 11 Maret, berarti Rusia bermaksud untuk menghentikan diri dalam waktu dekat dari domain global.

Rusia sendiri telah membantah akan memutuskan hubungan dengan internet global dan mengatakan bahwa tes yang dilakukan adalah untuk melindungi situs-situs Rusia dari serangan siber asing.



Perang Rusia dan Ukraina yang sudah berlangsung dua pekan membuat sejumlah perusahaan global mulai terlihat tidak netral. Perusahaan raksasa seperti Meta, Google dan Apple, yang selalu membingkai diri mereka sebagai perusahaan teknologi netral, kini mulai terpengaruh politik.

Sementara itu internet sendiri berubah untuk pengguna Rusia yang diblokir Twitter dan Facebook. TikTok juga tidak mengizinkan pengguna Rusia untuk memposting konten mereka dan polisi dilaporkan menghentikan orang-orang di jalan untuk melihat apa yang mereka lihat di ponsel mereka.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)