Ini 5 Aplikasi Jejaring Sosial Bikinan Rusia untuk Tandingi AS

Rabu, 02 Maret 2022 - 13:39 WIB
loading...
Ini 5 Aplikasi Jejaring Sosial Bikinan Rusia untuk Tandingi AS
Selain memiliki teknologi perang, Rusia juga membuat sejumlah aplikasi media sosial untuk menyaingi Amerika, salah satunya adalah Telegram. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Selain teknologi perang, Rusia juga membuat sejumlah aplikasi media sosial untuk menyaingi buatan Amerika. Tercatat ada sekitar lima aplikasi jejaring sosial buatan Rusia yang cukup populer di negara tersebut.

Serangan yang dilancarkan Rusia kepada Ukraina telah membuat Amerika Serikat geram. Negara yang dipimpin oleh Joe Biden itu pun telah melayangkan bermacam sanksi.

Tak hanya sanski ekonomi, sejumlah perusahaan komunikasi juga ikut memblokir layanan mereka di Rusia. Misalnya saja Apple yang sudah menutup seluruh layanannya di Rusia.

Ternyata Rusia juga sudah memperhitungan segala kemungkinan sebelum menyerang Ukraina, salah satunya soal jejaring sosial ini. Karena Negeri Beruang Merah itu ternyata memiliki aplikasi tandingan yang tak kalah populer.



Apa saja aplikasi buatan Rusia yang diklaim lebih aman dari aplikasi buatan Amerika Serikat? Berikut paparannya, seperti dilansir dari Russia Beyond, Rabu (2/3/2022):

1. VKontakte (VK.com)

VKontakte atau yang lebih dikenal VK merupakan jejaring sosial paling populer di Rusia berdasarkan jumlah pesan yang terkirim, menurut laporan Brand Analytics. Aplikasi ini punya antarmukanya mirip dengan Facebook.

Pengguna media sosial ini adalah orang Rusia dan warga negara Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS) di bawah 34 tahun. VKontakte pernah berhasil mengumpulkan 97 juta pengguna bulanan dengan lebih dari 28 juta di antaranya membuat konten.

2. Odnoklassniki (ok.ru)

Odnoklassniki merupakan media sosial asal Rusia yang memungkinkan para penggunanya berkirim e-cards ‘kartu elektronik’ beranimasi dan hadiah virtual. Pengguna biasanya bertukar e-cards pada Tahun Baru dan Paskah.

Odnoklassniki pertama kali dirancang sebagai cara untuk mencari teman sekolah yang sudah lama hilang. Karena itulah, ia dinamai odnoklassniki yang berarti ‘teman sekelas’.



Banyak yang bilang bahwa Odnoklassniki kebanyakan digunakan oleh orang-orang tua berusia di atas 55 tahun. Tapi perusahaan membantah dan mengatakan bahwa jumlah pengguna di atas usia 55 tahun hanya 14 persen.

Media sosial ini cukup sering menambah fitur-fitur baru, seperti online streaming dengan opsi donasi, layanan musik, transfer uang dari negara lain, dan forum disukusi.

3. Yandex.Zen (zen.yandex.com)

Yandex merupakan platform yang memungkinkan pengguna untuk memonetisasi tulisan mereka. Tampilannya menyerupai newsfeed ‘umpan berita’ tak berujung.

Yandex hanya menampilkan artikel-artikel yang telah difilter. Platform ini menyaring tulisan yang mengandung kata-kata kotor, penghinaan terhadap individu, serta iklan judi, alkohol, tembakau, dan obat-obatan.

Segala macam konten negatif, seperti akun-akun berita sensasional atau peristiwa terkini yang menampilkan foto-foto sadis atau adegan mutilasi, tersaring dan tak akan muncul.

Tak hanya itu, konten pornografi dan konten yang menampilkan kekerasan dalam kehidupan nyata, baik dalam bentuk teks maupun foto, juga tak akan punya celah untuk muncul dalam platform buatan Yandex ini.

4. Elitsy (elitsy.ru)

Media sosial yang satu ini ditujukan untuk orang-orang penganut Kristen Ortodoks. Mereka penganut kepercayaan tersebut dapat bertemu dengan saudara-saudara seiman lainnya di sini, termasuk para pendeta, yang siap menjawab pertanyaan dan bahkan memberikan nasihat.



Situs ini menawarkan peta yang menunjukkan lokasi gereja terdekat. Penggunaan juga dapat mendengarkan aneka musik religi dan menonton kebaktian secara streaming.

5. Telegram (telegram.org)

Siapa yang tidak kenal Telegram. Aplikasi besutan Pavel Durov ini memungkinkan pengguna mengirim pesan instan dengan sejumlah fitur lainnya yang ditawarkan.

Telegram merupakan pesaing berat WhatsApp yang merupakan aplikasi buatan Amerika Serikat. Aplikasi ini menawarkan keamanan serta kerahasiaan percakapan.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3003 seconds (0.1#10.140)