Ini 5 Aplikasi Jejaring Sosial Bikinan Rusia untuk Tandingi AS

Rabu, 02 Maret 2022 - 13:39 WIB
loading...
Ini 5 Aplikasi Jejaring Sosial Bikinan Rusia untuk Tandingi AS
Selain memiliki teknologi perang, Rusia juga membuat sejumlah aplikasi media sosial untuk menyaingi Amerika, salah satunya adalah Telegram. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Selain teknologi perang, Rusia juga membuat sejumlah aplikasi media sosial untuk menyaingi buatan Amerika. Tercatat ada sekitar lima aplikasi jejaring sosial buatan Rusia yang cukup populer di negara tersebut.

Serangan yang dilancarkan Rusia kepada Ukraina telah membuat Amerika Serikat geram. Negara yang dipimpin oleh Joe Biden itu pun telah melayangkan bermacam sanksi.

Tak hanya sanski ekonomi, sejumlah perusahaan komunikasi juga ikut memblokir layanan mereka di Rusia. Misalnya saja Apple yang sudah menutup seluruh layanannya di Rusia.

Ternyata Rusia juga sudah memperhitungan segala kemungkinan sebelum menyerang Ukraina, salah satunya soal jejaring sosial ini. Karena Negeri Beruang Merah itu ternyata memiliki aplikasi tandingan yang tak kalah populer.



Apa saja aplikasi buatan Rusia yang diklaim lebih aman dari aplikasi buatan Amerika Serikat? Berikut paparannya, seperti dilansir dari Russia Beyond, Rabu (2/3/2022):

1. VKontakte (VK.com)

VKontakte atau yang lebih dikenal VK merupakan jejaring sosial paling populer di Rusia berdasarkan jumlah pesan yang terkirim, menurut laporan Brand Analytics. Aplikasi ini punya antarmukanya mirip dengan Facebook.

Pengguna media sosial ini adalah orang Rusia dan warga negara Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS) di bawah 34 tahun. VKontakte pernah berhasil mengumpulkan 97 juta pengguna bulanan dengan lebih dari 28 juta di antaranya membuat konten.

2. Odnoklassniki (ok.ru)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2925 seconds (0.1#10.140)