Jagoan Memotret Malam, Ini Penjelasan Teknologi Low Light di Galaxy S22 Ultra 5G

Selasa, 22 Februari 2022 - 09:43 WIB
loading...
Jagoan Memotret Malam, Ini Penjelasan Teknologi Low Light di Galaxy S22 Ultra 5G
Samsung Galaxy S22 Ultra 5G memiliki sejumlah teknologi kamera baru untuk memotret dan merekam video lebih baik di malam hari. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Galaxy S22 Ultra 5G memiliki sejumlah upgrade di kualitas kameranya. Fokus untuk meningkatkan kualitas konten low light.

”Teknologi itu, antara lain Nightography, sensor kamera 108MP, Cinematic Video, dan akses ke aplikasi Expert RAW,” beber Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia Verry Octavianus. Nah, berikut teknologi kamera baru di Samsung Galaxy S22 Ultra 5G:

2.4ÎĽm pixel sensor
Jagoan Memotret Malam, Ini Penjelasan Teknologi Low Light di Galaxy S22 Ultra 5G

Potret gedung ibu kota dalam pencahayaan minim dengan resolusi tinggi tanpa edit. Foto: dok Samsung Indonesia

Pixel sensor terbesar Samsung yang membuat perangakt bisa menangkap lebih banyak cahaya dan membuat foto lebih cerah. Dilengkapi kemampuan pemrosesan gambar, termasuk mengurangi noise saat kondisi low light.

”Caranya, memakai teknologi Nona-Binning didukung Image Signal Processor (ISP) berbasis AI Samsung. Sehingga foto lebih jernih dan tajam di cahaya rendah,” beber Verry.

Auto Framerate
Auto Framerate pada video ditingkatkan, sehingga mampu menyesuaikan FPS dan shutter speed terhadap kondisi cahaya. Tujuannya untuk mendapat tingkat kecerahan dan detail lebih baik di tiap video yang direkam di kondisi low light.

Super Night Resolution
Teknologi ini berguna untuk memberi kejernihan di tiap video yang direkam di kondisi low light dengan menggabungkan frame untuk mendapat resolusi lebih baik.

Super HDR
Berkat prosesor 4nm, algoritma AI lebih maksimal. Sehingga bisa menciptakan hasil rekaman yang lebih realistis dengan mengoptimalkan kontras warna pada tiap-tiap titik gelap dan terang.

Ada teknologi 12-bit HDR yang mampu melebur 64x data warna lebih banyak dari 10-bit HDR. Jadi, warna rekaman yang dihasilkan bisa lebih vivid.

Kamera 108MP
Jagoan Memotret Malam, Ini Penjelasan Teknologi Low Light di Galaxy S22 Ultra 5G

Galaxy S22 Ultra 5G memakai 4 kamera belakang (kamera utama 108MP, kamera ultra-wide 12MP, dan dua kamera tele masing-masing 10MP) serta kamera depan 40MP.

Sensor kamera 108MP memakai teknologi Adaptive Pixel. Artinya, setiap pixel di sensor kamera lebih pintar karena mampu mendeteksi cahaya di lingkungan sekitar.

Saat cahaya redup, Galaxy S22 Ultra 5G mampu beralih dari mode high-resolution di lensa 108MP ke high-sensitivity mode di lensa 12MP. Atau, memotret menggunakan kedua mode tersebut secara bersamaan lantas digabung demi menciptakan foto detail dan terang.
Ada juga Detail Enhancer yang memaksimalkan AI untuk meningkatkan kualitas foto.

Dual Tele Zoom
Sistem Dual Tele Zoom menghasilkan 3x hingga 10x optical zoom untuk membawa pengguna lebih dekat ke objek yang difoto. Teknologi Super Resolution membuat perbesaran 100x kualitas gambarnya tetap terjaga.

Portrait Mode
Portrait Mode di Galaxy S22 Ultra 5G menggunakan AI Stereo Depth Map agar subjek foto, baik manusia ataupun hewan bisa lebih detil. Misalnya, mencegah bulu-bulu binatang peliharan menyatu dengan latar belakang.

Video Stabil di Low Light
Kemampuan Cinematic Video Galaxy S22 Ultra 5G di dukung lewat Super Steady System baru yang membuat gambar stabil. Juga, Artificial Intelligence Video Digital Image Stabilization (AI VDIS) yang 4x lebih cepat dalam menganalisis pergerakan perangkat dan kondisi penggunanya, misalnya ketika berjalan atau berlari.

Dengan begitu, stabilisasi yang dihasilkan menjadi lebih optimal. Selain itu, Optical Image Stabilization (OIS) 58% lebih luas untuk menangkap lebih banyak variasi arah datangnya cahaya.

Multi Object Tracking
Mampu mendeteksi hingga 10 orang dalam frame dengan fokus lebih cepat, bahkan dalam kondisi low-light. Ini berkat sensor Laser AutoFocus (AF) dengan AI baru untuk penentuan fokus yang lebih pintar.

Expert RAW
Fitur Expert RAW membuat Galaxy S22 Ultra 5G dapat digunakan seperti DSLR. Ponsel dapat menyimpan foto dalam format RAW hingga 16bit. Sehingga, lebih banyak data dari gambar yang dimiliki.

Edit foto dengan aplikasi pro seperti Adobe Lightroom lebih mudah karena sudah terintegrasi dalam aplikasi Expert RAW. Hanya perlu klik logonya dan otomatis bisa edit langsung.

Harga dan Ketersediaan
Pre-order Galaxy S22 Ultra 5G sudah dibuka sejak 9 Februari hingga 3 Maret 2022 di website resmi Samsung. Pilihan warnanya Phantom Black, Phantom White, Green, dan Burgundy. Adapun harganya 8GB/12GB: Rp17.999.000, 12GB/256GB: Rp18.999.000, dan 12GB/512GB: Rp20.999.000.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)