Cara Edit PDF Online dengan Praktis, Bisa Pakai HP dan Tanpa Kuota

Senin, 14 Februari 2022 - 13:21 WIB
loading...
Cara Edit PDF Online dengan Praktis, Bisa Pakai HP dan Tanpa Kuota
Cara edit PDF online melalui aplikasi ternyata sangat mudah dan bisa dilakukan menggunakan HP. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara edit PDF online melalui aplikasi ternyata sangat mudah dan bisa dilakukan menggunakan HP. Bahkan untuk mengedit PDF online, Anda tidak perlu khawatir dengan kuota internet karena melalui situs Sejda bisa dilakukan ketika offline.

PDF atau Portable Document Format adalah eksistensi file yang dikembangkan oleh Adobe. Format ini tidak hanya memuat gambar dan teks, karena berkas PDF juga dapat menyisipkan tombol interaktif untuk tautan dan video.

Keuntungan menggunakan format PDF adalah tampilan yang bersih sehingga lebih nyaman untuk dibaca. Sayangnya PDF hanya dapat dibaca saja sehingga diperlukan aplikasi untuk mengolah dokumen PDF sesuai dengan yang diinginkan.

Banyak sekali aplikasi dan situs jasa edit PDF online yang sudah memiliki fitur yang lengkap. Beberapa ada yang bisa memperkecil ukuran sampai merubah format file.



Namun di sini, akan dipaparkan bagaimana mengedit PDF online menggunakan Sejda, berikut caranya:

1. Kunjungi halaman website www.sejda.com.

2. Unggah file anda. Jangan khawatir file anda bocor karena file diunggah dengan aman melalui koneksi terenkripsi. Setelah diproses, mereka dihapus secara permanen.

3. Tambahkan teks ke PDF. Pastikan opsi 'Teks' dipilih. Klik di mana saja pada halaman PDF untuk menambahkan teks.

4. Ubah teks PDF, pilih opsi 'Teks' pada toolbar bagian atas. Klik teks yang ada untuk mulai mengedit. Ada dapat membuat teks tebal atau miring, mengubah ukuran font, bentuk font dan warna teks.



5. Tambahkan gambar ke PDF, caranya klik menu 'Gambar' dan pilih 'Gambar Baru'. Pilih gambar dari komputer Anda dan kemudian tambahkan ke halaman PDF. Anda dapat menyeret dengan mouse Anda untuk memindahkannya, seret di sudut untuk mengubah ukurannya.

6. Isi formulir PDF dengan cara klik bidang formulir apa pun di PDF dan mulailah mengetik. Formulir tidak berisi bidang input? Pilih alat 'Teks' untuk mengetik teks dan alat 'Formulir' untuk tanda centang dan peluru radio.

7. Tambahkan tautan ke PDF dan edit hyperlink yang ada. Tambahkan tautan baru ke URL web atau halaman dalam dokumen. Mudah mengedit hyperlink yang ada di PDF.

8. Tambahkan shapes dengan meng-klik opsi 'Bentuk' untuk menambahkan bentuk persegi panjang atau elipsis ke halaman PDF. Ubah batas atau warna isian latar belakang.

9. Tambahkan bidang formulir ke PDF. Caranya klik 'Formulir' di menu atas dan pilih jenis input formulir yang ingin Anda tambahkan, misalnya Text, Multiline Text, Dropdown, Checkbox, Radio choices. Klik pada jenis bidang formulir yang diinginkan dan letakkan di halaman. Masukkan nama bidang baru dan, opsional, nilai default.



10. Anotasi halaman PDF, ini bisa digunakan untuk mencoret dan menyorot teks pada halaman PDF. Klik 'Anotasi', lalu pilih gaya dan pilih teks pada halaman untuk diterapkan.

11. Simpan perubahan Anda dengan klik tombol 'Apply changes' untuk menerapkan perubahan, lalu 'Unduh' dokumen PDF Anda yang telah diedit. Selesai.

Jangan khawatir ketika Anda tidak memiliki kuota internet karena edit PDF online mengunakan Sejda ini bisa dilakukan secara offline. Selain itu, situs edit PDF online ini kompatibel untuk MacOS, Windows dan Linux.

#Cara Edit PDF Online #PDF Online #Sejda #Situs Jasa Edit PDF
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6809 seconds (0.1#10.140)