4 Cara Mengecilkan File JPG dengan Mudah dan Cepat

Sabtu, 28 Januari 2023 - 07:22 WIB
loading...
4 Cara Mengecilkan File JPG dengan Mudah dan Cepat
Ada banyak cara mengecilkan file JPG dengan cepat dan mudah karena banyak pilihan metode yang bisa digunakan. Foto/Videograbber
A A A
JAKARTA - Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan file jpg dengan mudah dan cepat. Mulai dari menggunakan alat yang tersedia secara online, menggunakan software photo editing, sampai dengan pengaturan yang bawaan.

Singkatnya, ada banyak cara mengecilkan file JPG dengan cepat dan mudah karena banyak pilihan metode yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Kuncinya adalah menemukan keseimbangan yang tepat antara ukuran file dan kualitas gambar.

Berikut 4 cara yang bisa dicoba untuk mengecilkan file JPG dengan mudah dirangkum dari berbagai sumber, seperti laman Microsoft dan makeuseof.

1. Kompres Secara Online
Ada banyak alat online yang tersedia yang dapat mengompres file JPG Anda dengan cepat dan mudah. TinyPNG, CompressJPEG, dan JPEGmini adalah beberapa opsi yang populer. Alat-alat ini bekerja dengan mengompresi gambar tanpa mengorbankan kualitas. Cukup unggah JPG Anda ke situs web, tunggu alat selesai bekerja, lalu unduh file terkompresi.

2. Gunakan Perangkat Lunak Pengedit Foto
Banyak program pengedit foto, seperti Adobe Photoshop dan GIMP, menyertakan alat kompresi JPG. Meskipun metode ini memakan waktu sedikit lebih lama daripada menggunakan alat online, ini memberi Anda lebih banyak kendali atas pengaturan kompresi.

3. Photoshop
Photoshop menyertakan fitur "Simpan untuk Web" yang memungkinkan Anda mengkompres file JPG dengan tetap menjaga kualitas. Untuk menggunakan fitur ini, buka gambar di Photoshop, buka File > Save for Web, lalu pilih JPG sebagai format file. Pengaturan kualitas kemudian dapat di-tweak untuk mencapai keseimbangan ukuran file dan kualitas gambar yang ideal.

4. Gunakan Alat Baris Perintah
Ada juga alat baris perintah yang tersedia untuk mengkompres file JPG, seperti jpegoptim dan MozJPEG. Alat-alat ini dapat dijalankan di komputer menggunakan command prompt, dan memungkinkan opsi kompresi yang lebih canggih daripada perangkat lunak pengedit online atau foto.

MG/Tazakka Artesa Hidayat
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)